Bupati Zaki Gencar Atasi Kekeringan, Mentan Turun dan Diminta Bantu Pemerintah Daerah

Bupati Zaki Gencar Atasi Kekeringan, Mentan Turun dan Diminta Bantu Pemerintah Daerah, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Zaki Gencar Atasi Kekeringan, Mentan Turun dan Diminta Bantu Pemerintah Daerah, Berita374

Bupati Zaki Gencar Atasi Kekeringan, Mentan Turun dan Diminta Bantu Pemerintah Daerah, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Zaki Gencar Atasi Kekeringan, Mentan Turun dan Diminta Bantu Pemerintah Daerah, 374, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Bupati Zaki Gencar Atasi Kekeringan, Mentan Turun dan Diminta Bantu Pemerintah Daerah

Bupati Zaki menunjukan lokasi kekeringan kepada Menteri Pertanian Amran, saat meninjau lokasi kekeringan di Kabupaten Tangerang.
Bupati Zaki menunjukan lokasi kekeringan kepada Menteri Pertanian Amran, saat meninjau lokasi kekeringan di Kabupaten Tangerang.

TANGERANG TRUSTKOTA – Musim kekeringan saat ini, membuat Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tidak bisa tidur nyenyak. Kerugian yang dialami para petani di Kabupaten Tangerang telah menjadi pil pahit baginya. Berbagai cara kini tengah dipikirkan dan dilakukan Zaki untuk mengantisipasi terjadinya musim kekeringan kedepan dan petani di wilayahnya tidak mengalami kerugian.

“Kita  sudah  pantau  terus kekeringan ini  dari  habis  lebaran. Kejadian seperti ini bukan baru kali ini, tapi sudah bertahun-tahun. Kita harus perbaiki sungai dan irigasi premier dan sekunder dan kini waktunya agar kedepan musim kemarau seperti ini bisa diantisipasi,’’ kata Zaki, Kamis, (13/8/2015) di Kecamatan Mauk, saat bersama Menteri Pertanian Amran  Sulaiman, ke meninjau lokasi kekeringan di Kabupaten Tangerang.

Menurut Zaki, ini menjadi tantangan kedepan. Untuk itu, dirinya meminta kepada pemerintah pusat untuk memberikan kewenangan pengelolaan sungai dan situ agar dapat menjadi solusi kekeringan kedepannya.

“Saya berharap kewenangan itu diberikan agar Pemerintah Daerah (Pemda), tidak harus menunggu pemerintah pusat .

Saya sangat berharap kepada pak menteri agar bisa membantu kami yang di daerah ini supaya pengeelolaan situ waduk irigasi dan sebagainya dilimpahkan kepada kami,’’ pinta Bupati Zaki kepaa Mentan.

Sementara itu, Mentan dalam kesempatan tersebut mengatakan, dirinya langsung turun ke lokasi kekeringan di Kabupaten Tangerang karena mendapatkan laporan.

“Saya  pulang dari  Kalimantan  langsung  ke Kabupaten Tangerang Saya  mau ngecek langsung,” kata Menteri.

Terkait permintaan Bupati Zaki mengenai solusi permasalahan ini, Amran mengatakan, akan menyampaikannya kepada pihak yang berkaitan dengan hal tersebut di pemerintah pusat.

Ia juga mengatakan, akan membangun embung atau semacam empang untuk  menampung air sementara.

“Ya harus dibangun embung sebagai penampung air agar musim kemarau kedepan dapat diantisipasi sehingga tidak memberikan kerugian pada lahan pertanian,’’ katanya.

Dalam kesempatan tersebut hadir juga Gubernur Banten, Rano Karno dan jajaranya serta Kapolda Banten Boy Rafi Amar. (Red/Dik)