Zaki Buka Diseminasi Program Water Credit 

Zaki Buka Diseminasi Program Water Credit , www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Zaki Buka Diseminasi Program Water Credit , Berita389

 Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar membuka acara diseminasi program water credit dan jejaring stakeholder Kopsyah BMI (Benteng Mikro Indonesia).
 Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar membuka acara diseminasi program water credit dan jejaring stakeholder Kopsyah BMI (Benteng Mikro Indonesia).

TRUST TANGSEL- Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar membuka acara diseminasi program water credit dan jejaring stakeholder Kopsyah BMI (Benteng Mikro Indonesia), di Swiss bell Hotel Tangsel, Senin, (16/9/19).

A. Zaki Iskandar dalam sambutannya mengatakan, program water kredit ini bisa berkolaborasi bersama program unggulan milik Pemerintah Kabupaten Tangerang sehingga target pemenuhan layanan air bersih dan sanitasi yang layak bagi masyaraka yang merupakam salah satu target capaian kita bersama di masa mendatang dapat terlaksana dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya diseminasi ini yang dalam hal ini diprakarsai oleh water.org bermitra dengan koperasi Syariah benteng mikro Indonesia semoga melalui kegiatan ini bisa membantu kita semua untuk menjawab segala bentuk kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih dan sanitasi khususnya di wilayah kabupaten Tangerang,” kata Zaki.

Kamarudin Batubara, selaku Presiden Direktur mengatakan, Kopsyah BMI  5 tahun terakhir telah bekerja sama dengan water.org untuk menangani masalah air dan sanitasi yang ada dimasyarakat dan untuk mensupport kegiatan BMI kepada masyarakat di Tangerang dan juga daerah lainnya tapi itu di Tangerang yang kita lakukan jadi kita pembiayaannya ada support sebagian pendanaan kegiatan survei misalnya seperti kajian atau penyuluhan dibiayai oleh water.org.

“Sejak 2014 dan sampai hari ini kita masih bekerja sama dengan water.org untuk pembentukan sanitasi dan air bersih agar muaranya masyarakat kita terutama yang sudah jadi anggota koperasi memiliki fasilitas air bersih dan sanitasi yang sehat itu harapan kita,” harapnya.

Kamarudin menambahkan, Ia menginginkan ada keterlibatan stakeholder yang lain terutama dari pemerintah.  Ia juga ingin koperasi atau lembaga keuangan yang lain mencontoh apa yang BMI lakukan ini sehingga nanti masyarakat kita tidak ada lagi yang kesuliatan akses air bersih dan sanitasi layak dan sehat.

Sementara itu, Don Johnson selaku Operation Director water.org mengatakan, Water.org merupakan sebuah organisasi bantuan pembangunan nirlaba Amerika Serikat yag merupakan hasil merger antara H2O Africa Foundation.

Tujuan organisasi ini adalah untuk memberikan bantuan kepada daerah di negara-negara berkembang yang kurang memiliki akses ke air minum yang aman dan sanitasi yang layak dan sehat.

“Jadi kita bekerja di 13 negara sekarang dan Indonesia adalah satu negara strategis bagi kita karena kita melihat bahwa potensi pertumbuhan ekonomi sangat tinggi tetapi masih ada banyak masyarakat yang belum punya akses ke air bersih dan sanitasi jadi kita hadir,” ujar Johnson pria asal Amerika.

Johnson menambahkan, water.org lebih dari 5 tahun terakhir berhasil bekerja dengan Kopsyah BMI dalam hal ini.(her/red)