Warga Keluhkan Praktik Percaloan Oknum BPPMPT Kota Tangerang

Warga Keluhkan Praktik Percaloan Oknum BPPMPT Kota Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Warga Keluhkan Praktik Percaloan Oknum BPPMPT Kota Tangerang, Berita337

Warga Keluhkan Praktik Percaloan Oknum BPPMPT Kota Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Warga Keluhkan Praktik Percaloan Oknum BPPMPT Kota Tangerang, 337, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Warga Keluhkan Praktik Percaloan Oknum BPPMPT Kota Tangerang

Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.
Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

TANGERANG TRUSTKOTA – Praktik percaloan perizinan oleh oknum pegawai di Badan Pelayanan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPPMPT) Kota Tangerang, marak terjadi. Dugaan tersebut, muncul dari keluhan warga yang diposting pada buku tamu website www.tangerangkota.co.id, beberapa waktu lalu.

Salah satunya adalah postingan yang dikirim atas nama Maya, pada Jum’at 11 Juli 2014 lalu, yang bunyinya sebagai berikut.

“PA WALI YANG TERHORMAT TOLONG DIPERHATIKAN KINERJA ANAK BUAHNYA KHUSUSNYA DI BPPMPT KARENA DISANA TERJADI DUNIA PERCALOAN YANG DILAKUKAN OLEH STAF DAN PEJABAT BPPMPT SEHINGGA BISA MERUSAK CITRA BAPAK WALIKOTA DIMASYARAKAT, MENGURUS IJIN PEMBANGUNAN JIKA TIDAK MELALUI ORANG DALAM AKAN DIPERSULIT DAN DIMINTA UANG SELAIN RETRIBUSI.TOLONG YA PA DITINDAK BAWAHANNYA KARENA MEREKA SEMUA SUDAH DIGAJI OLEH NEGARA”

Selain itu, motto pelayanan 14 hari yang digadang-gadang pihak BPPMPT Kota Tangerang dalam pelayanan, kiranya juga menuai kritikas pedas dari warga yang tengah mengajukan Ijin Mengurus Bangunan (IMB).

Sama halnya dengan Maya, seorang warga yang mengaku tengah mengurus IMB rumah tinggal di Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, atas nama Rudi Kusbiantoro dan Ludi Muhammad Djalaludin, juga nampak memosting keluhannya pada Kamis 19 Juni 2014 lalu, lantaran proses kepengurusannya dinilai lamban.

”Yth Pemkot Tangerang Assalamualaikum Wr.Wb. Saya mengurus 2bh IMB utk rumah tinggal saya di daerah Kel.Kunciran Indah Kec.Pinang pada tgl 22 April 2014 a/n Rudy Kusbiantoro dan Ludi Muhammad Djalaludin, cuma sampai saat ini & hampir 2bulan belum jg selesai padahal semua persyaratan sudah saya penuhi. Pada saat mendaftar kata petugas dan juga tertulis di signboard utk pengurusan IMB selesai max.14 hari kerja & anehnya saya tanya masalah biayanya petugas tersebut tidak mau menjawab…gimana kerjanya kalau begini..tidak sesuai dengan komitmen & tidak transparan. Ketika saya berulangkali hubungi kata petugas tersebut belum jadi dan nanti ditelpon balik, says tanya terus sampai kapan selesainya IMB saya? 3bulan.. 6bulan… 1tahun…sampai kapan? katanya tidak tahu. Katanya masyarakat harus sadar pajak tetapi mengurus IMB sepertinya susah sekali ya… Saya mohon sekali minta tolong pak ditindaklanjuti & diperhatikan sampai kapan IMB saya selesai. Demikian, Terimakasih,” demikan isi postingnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan pada BPPMPT Kota Tangerang Iid Machidin saat dihubungi mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Terlebih, kata dia, soal dugaan praktik percaloan yang dilakukan oknumnya.

“Kami akan lihat dan cek terlebih dahulu. Dan untuk IMB yang diurus lama itu biasanya memang kadang dikarenakan si pemohon masih belum melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan,” ujarnya, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (13/8/2014).

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan melihat dan mengkroscek terlebih dahulu data tersebut. “Nanti saya lihat dulu datanya atas nama siapa, dan kenapa persoalannya,” pungkasnya. (Fth)