Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dibekali Keterampilan‎

Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dibekali Keterampilan‎, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dibekali Keterampilan‎, Berita847

Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dibekali Keterampilan‎, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dibekali Keterampilan‎, 847, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Warga Binaan Rutan Rangkasbitung Dibekali Keterampilan‎

Kepala Rutan Kadek Budhiarta ditemani Staf Ahli Menhumkam dan Kepala Kantor BI wilayah Serang, ketika memanen bawang merah
Kepala Rutan Kadek Budhiarta ditemani Staf Ahli Menhumkam dan Kepala Kantor BI wilayah Serang, ketika memanen bawang merah

LEBAK,TRUSTKOTA-Rumah Tahanan Rangkasbitung (Rutangkas) Kelas II B memberikan bekal keterampilan kepada warga binaan,hal itu diungkapkan Kepala Rutan Kelas II B Kadek Budiarta pada acara panen raya bawang merah pondok asimilasi (open camp) rutan Rangkasbitung yang bekerjasama dengan Bank Indonesia Provinsi Banten, Kamis (09/07/2015) pukul 16.00 WIB.

“Kerjasama ini bertujuan memberikan binaan kepada pidana agar sebelum pada tahap integrasi bisa kembali merasakan bagaimana keadaan ditengah masyarakat,”kata Kadek.

Diluas tanah sebesar 2,4 hektare ini, Kata Kadek, sebesar 2000 m2 digunakan untuk penanaman bawang merah juga ternak ikan lele yang bekerjasama dengan Bank Indonesi Cabang Provinsi Banten.

” para pidana terpilih setiap hari kamis akan dibawa ke kebun milik rutan untuk merawat dan menjaga tanaman bawang dan ternak ikan lele,”paparnya.

Awalnya, jelas Kadek, pihaknya merasa pesimis dengan kontur tanah yang kering , namun saat panen ternyata hasilnya lebih dari yang diharapkan.

“Setelah 45 hari ternyata hasilnya memuaskan dan seluruh hasil panen sebanyak 1 ton ini akan dipasarkan, untuk siapa saja yang ingin membeli bawang dari hasil panen ini boleh yang jelas harga lebih murah,”pungkasnya.

Hal senada diungkapkan, Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah Provinsi Banten Budiharto Setiawan, pihaknya menerangkan, awalnya juga merasa pesimis karena kontur tanah tidak meyakinkan.

“hasilnya luar biasa, dan BI telah membina sebanyak 8 cluster diantaranya cabe merah, bawang merah, dan padi dan bertujuan untuk menstabilkan harga secara nasional untuk banten khususnya juga mampu mendorong ekonomi yang berkualitas,”jelasnya.

Sementara Staf ahli mentri hukum dan HAM bidang sosial politik Haru Tamtomo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerjasama yang dijalin antara BI dengan Rutangkas.

“Saya harap kerjasama seperti ini terus ditingkat agar warga binaan bisa memahami kembali bagaimana situasi dilapangan, selainitu juga kegiatan seperti ini bisa membantu ekonomi masyarakat,”pungkasnya. (Riz)‎