Tiga Pembobol ATM di Kota Tangerang Diringkus

Tiga Pembobol ATM di Kota Tangerang Diringkus, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Tiga Pembobol ATM di Kota Tangerang Diringkus, Berita283

Tiga Pembobol ATM di Kota Tangerang Diringkus, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Tiga Pembobol ATM di Kota Tangerang Diringkus, 283, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Tiga Pembobol ATM di Kota Tangerang Diringkus

Ilustrasi
Ilustrasi

TANGERANG TRUSTKOTA – Jajaran Polres Metro Tangerang, meringkus tiga pelaku pembobol Ajungan Tunai Mandiri (ATM), yang kerap beraksi di wilayah Kota Tangerang. Sementara dua pelaku lainnya berhasil kabur dan tengah diburu.

Menurut Kapolres Metro Tangerang, Kombes Pol Riad, ketiga pelaku tersebut masing-masing EG, 28, WH (33), dan PR (25). Sedangkan rekan lainnya, AL dan JM masih dlam pengejaran petugas karena berhasil melarikan diri.

“Pengungkapan Kasus ini merupakan dari hasil Operasi Cipta Kondisi di seluruh Jajaran Reskrim di setiap Polsek di Kota Tangerang,” Ujar Kapolres Metro Tangerang Kombes pol Riad, dalam jumpa persnya, Jumat (18/07/2014).

Menurutnya, adapun modus yang dilakukan para pelaku adalah dengan cara mengganjal lubang pada slot kartu mesin ATM dengan sebatang pentol korek api, setelah terdapat ada korban yang telihat kesulitan memasukan kartu ATM nya, tersangka JM dan tersangka PR mendekati korban berpura-pura untuk membantunya.

“Setelah tersangka JM mendapatkan kartu ATM milik korban, tanpa sepengetahuan korban pelaku menukar kartu ATM milik korban dengan ATM yang bukan miliknya yang kemudian menyuruh korban untuk memasukkan kode PIN nya yang saat itu sudah diintip oleh tersangka PR dari belakang korban, tersangka EG, WH dan AL berperan untuk mengalihkan perhatian korban,” katanya.

Dijelaskan Riad, pada saat para pelaku tersebut berhasil mendapatkan kartu ATM beserta PIN milik korban, saat itu juga para pelaku langsung meninggalkan TKP dan melakukan transaksi di mesin ATM yang lain.

“Jika para pelaku tidak berhasil mendapatkan kode PIN korban maka tersangka PR membujuk dan mengarahkan korban agar menghubungi Call center bank yang dimaksud adalah tersangka JM yang mana dimaksudkan agar korban memberikan kode PIN Kartu ATM miliknya” tambahnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang AKBP Sutarmo menambahkan, kebanyakan korban adalah ibu-ibu maka dari itu dia menghimbau agar lebih berhati-hati lagi dan lebih waspada bila mengambil uang di ATM.

“Adapun barang bukti yang diamankan dua buah kartu ATM bank Mandiri Silver Debit dan satu unit HP Advan Android Tipe S5E warna hitam,” terangnya. (Ky)