Tahun ini, Bupati Zaki Kembali Bangun 300 Sarana Sanitasi Sekolah

Tahun ini, Bupati Zaki Kembali Bangun 300 Sarana Sanitasi Sekolah, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Tahun ini, Bupati Zaki Kembali Bangun 300 Sarana Sanitasi Sekolah, Berita849

Tahun ini, Bupati Zaki Kembali Bangun 300 Sarana Sanitasi Sekolah, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Tahun ini, Bupati Zaki Kembali Bangun 300 Sarana Sanitasi Sekolah, 849, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Tahun ini, Bupati Zaki Kembali Bangun 300 Sarana Sanitasi Sekolah

Bupati Ahmed Zaki Iskandar bersama Kepala Dinas Cipta Karya Taufik Emil, saat meninjau pembangunan Sanisek.
Bupati Ahmed Zaki Iskandar bersama Kepala Dinas Cipta Karya Taufik Emil, saat meninjau pembangunan Sanisek.

TRUSTKOTACOM TANGERANG – Program Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, dalam menciptakan pola hidup sehat dan bersih kepada para pelajar di Kabupaten Tangerang, benar-benar terwujud. Hal tersebut didukung dengan suksesnya Pembangunan Sarana Sanitasi Sekolah (Sanisek), yang terus dilakukannya  di setiap sekolah yang tidak memiliki Sanisek tidak layak.

Pada Tahun 2014 ini, Zaki  kembali mencanangkan pembangunan 300 Sansek. Seperti kita ketahui, sebelumnya pada Tahun 2013, 245 unit Sanisek type A dan type B se-Kabupaten Tangerang telah sukses dibangun dan memberikan perubahan positif bagi sekolah yang mendapatkan program Sanisek ini.

Menurut Bupati Zaki, pembangunan Sanisek ini, sebuah langkah awal untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Tangerang. “Saya berharap kedepan para siswa-siswi SD lebih mengerti pentingnya prilaku hidup sehat dan bersih. Prilaku hidup sehat dan bersih, cerminan pelajar yang pintar,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Sanisek menjadi prioritas dari 25 program unggulan yang dicanangkan Bupati Zaki. Sanisek terobosan program unggulan yang tentunya dilandasi semangat kemajuan serta adanya fakta bahwa masih terdapat sekolah-sekolah di Kabupaten Tangerang, baik dijenjang pendidikan dasar maupun pendidikan menengah yang belum memiliki sarana sanitasi yang layak.

Program Sanisek juga diharapkan membawa perhubahan gaya hidup warga sekitar. “Saya berharap kepada komunitas sekolah agar menjadi agen perubahan dilingkungan masing-masing, yang bisa mempengaruhi gaya hidup warga sekitar untuk memelihara lingkungan sekitar tempat tinggalnya dan membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat dalam lingkungan keluarganya,” harap Zaki.

Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Tangerang, Taufik Emil, membenarkan bahwa pada tahun ini, pihaknya  akan kembali menggulirkan program pembangunan Sanisek di 300 sekolah di Kabupaten Tangerang.

“Benar, tahun ini akan ada pembangunan Sanisek kembali di 300 sekolah. Pak bupati memang sangat konsen dalam membenahi dunia pendidikan di Kabupaten Tangerang,” kata Taufik.

Lanjut Taufik, untuk pembangunan Sanisek di 300 sekolah, telah dialokasikan anggaran Rp 160 juta persekolah untuk pembangunan Sanisek. Tahun ini, Sanisek dibangun tak hanya di Sekolah Dasar (SD). Melainkan, Sekolah Menengah Pertama (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“300 Sekolah yang akan dibangun Sanisek tak hanya SD, melainkan SMA dan SMK juga. Berapa jumlah pastinya SMK, SMA dan SD, sedang kita data mengingat kendala lahan sekolah,” ungkap Taufik.

Salah satu sekolah yang mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan program Sanitasi Sekolah (Sanisek), Herna Yatman, Kepala Sekolah SDN Sukatani I mengatakan, program sanisek sangat membantu terciptanya sekolah sehat, salah satunya meningkatkan sarana kesehatan sekolah atau UKS.

“Saya sangat terbantu oleh program yang bertujuan meningkatkan kesehatan sekolah dengan menciptakan dan meningkatkan sarana UKS. Benar, untuk menciptakan siswa dan siswi pintar, harus diawali dengan hidup sehat dan bersih dulu,” katanya.

Dari 25 Program Unggulan Zaki,  4 program unggulan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, diantaranya, program Kartu Sehat, Kartu Pintar, E-Goverment dan Gemah Ripah. Bupati Zaki berharap masyarakat dapat berperan aktif dalam mewujudkan program yang sudah dicanangkannya itu.

25 Program yang dicanangkannya, merupakan bentuk komitmen selaku pimpinan daerah dalam memberikan layanan maksimal kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.  (dik)

25 program yang di canangkan Bupati Tangerang :

1.   Peningkatan akses pendidikan
2.   Peningkatan sarana kesehatan
3.   Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat Kumuh dan Miskin (Gebrak Pakumis)
4.   Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan)
5.   Gerakan Berantas Kemiskinan (Gebrak Sipintar)
6.   Kartu sehat
7.   Kartu pintar
8.   Kawasan strategis cepat tumbuh
9.   Terminal type A
10. Gerakan Masyarakat Mandiri Sampah (Gemaripah)
11. E-goverment
12. Peningkatan layanan air bersih
13. Revitalisasi pasar desa
14. Kerjasama Lintas Menuju Rakyat Sejahtera (Jalin Rasa)
15. Balai Latihan Kerja Industri (BLKI)
16. Sport centre dan pusat seni budaya
17. Desa benderang
18. Desa Mandiri Tahan Pangan (Mantap)
19. Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH)
20. Akselerasi PAD
21. Program Tangerang bebas banjir
22. Program Tangerang bebas macet
23. Pertanian berkelanjutan
24. Program Tangerang tumbuh seimbang.
25. Sanitasi Sekolah (Sanisek).