Soal Dugaan Keracunan 45 Balita, Dinkes Tunggu Hasil Lab

Soal Dugaan Keracunan 45 Balita, Dinkes Tunggu Hasil Lab, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Dugaan Keracunan 45 Balita, Dinkes Tunggu Hasil Lab, Berita243

Soal Dugaan Keracunan 45 Balita, Dinkes Tunggu Hasil Lab, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Dugaan Keracunan 45 Balita, Dinkes Tunggu Hasil Lab, 243, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Dugaan Keracunan 45 Balita, Dinkes Tunggu Hasil Lab

Sekdis Dinkes Kota Tangerang DR. H.  Wibisono
Sekdis Dinkes Kota Tangerang DR. H. Wibisono

TRUSTKOTACOM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang masih mendalami penyebab dugaan keracunan yang di alami puluhan balita di Posyandu Mekar Jaya, Kecamatan Pinang Kota Tangerang pada Selasa (15/01/2013) lalu. Dinkes mengaku masih belum tahu penyebab keracunan puluhan balita itu.

” Sampai saat ini kami masih terus mencari penyebab dugaan insiden keracunan itu. Sampai saat ini belum ada hasil tes dari laboratorium. Kami belum bisa memastikan apa penyebabnya ” ujar Wibisono, Sekretaris  Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Selasa (22/01/2013).

Menurutnya, setelah mendapatkan laporan adanya keracunan puluhan balita di Posyandu Mekar Jaya, Kecamatan Pinang Kota Tangerang, pihaknya langsung melakukan investigasi.

” Ada beberapa faktor kemungkinan atas penyebab dugaan keracunan yang dialami oleh puluhan balita di Posyandu tersebut, misalnya seperti, bahan makanannya, cara pengolahannya, sampai penyajiannya,” tambah Wibisono.

Ia berjanji jika hasil dari laboratorium memang ada unsur kesengajaan atau kelalaian atas insiden ini dari pihak yang terkait Dinas Kesehatan akan memberikan sanksi atau bahkan memnyerahkannya kepada pihak yang berwajib

” Untuk mengantisipasi insiden seperti ini tidak terulang kembali, Dinkes sudah melakukan imbauan kepada setiap lembaga kesehatan di masyarakat baik itu Posyandu,Puskesmas, ataupun Posbindu agar benar-benar mengantisipasi terjadinya hal tersebut,” ungkap Wibisono.

Seperti diberitakan sebelumnya, Selasa (15/01/2013), sebanyak 45 balita diduga  keracunan setelah mengikuti program Imunisasi di Posyandu Mekar Jaya. Tak hanya balita para orang tua balita juga diduga mengalami keracunan seperti muntah-muntah dan kepala pusing.

Kondisi tersebut terjadi setelah puluhan balita dan orang tua mengkonsumsi sop ayam yang diberikan petugas posyandu. Para korban yang diduga keracunan ini,  sempat mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat.

Peristiwa dugaan keracunan ini sempat ditangani Polsek Cipondoh. Jajaran Polsek Cipondoh sempat melakukan penyelidikan meski akhirnya dilimpahkan  Polres Metro Tangerang. Hingga berita ini diturunkan kasus dugaan keracunan ini ditangani Polres Metro Tangerang.(ges)