Soal Kasus Caleg, ICW Minta Percepatan Penanganan Kasus

Soal Kasus Caleg, ICW Minta Percepatan Penanganan Kasus, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Kasus Caleg, ICW Minta Percepatan Penanganan Kasus, Berita276

Soal Kasus Caleg, ICW Minta Percepatan Penanganan Kasus, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Kasus Caleg, ICW Minta Percepatan Penanganan Kasus, 276, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Kasus Caleg, ICW Minta Percepatan Penanganan Kasus

images

TANGERANG TRUSTKOTA - Adanya ruang gerak yang terkesan diberikan oleh Polres Kota Tangerang terhadap Komarudin alias Komeng, Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Banten dari PDI-Perjuangan (PDIP) mengundang reaksi Indonesia Corruption Watch (ICW).

Selain Komeng, ICW juga menyoroti Caleg Provinsi Banten yang bermasalah yakni Desy Yusdian dari Golkar, Suryadi Hendarman dari Partai PKB. Tak ketinggalan penetapan kasus Herdian Koosnandi Caleg DPR RI terpilih dari PDIP Dapil Tangerang.

Menurut Ade Irwan Koordinator ICW Wilayah Banten, seharusnya penegak hukum yang menangani kasus para Caleg tersebut baik Kejaksaan Agung (Kejagung ) dan Polres Kota Tangerang, mempercepat penanganan kasus bukan sebaliknya.

“Iya dari sisi yuridis perlu ada perceptan penangan kasus . Supaya wakil rakyat yang disumpah punya integritas bukan orang yang korup dan pelaku pidana,” tegas Ade.

ICW juga menyangkan, baik partainya maupun calegnya tidak memiliki moral. Harusnya, kata Ade, partai maupun calegnya mempunyai beban moral kepada rakyat yang diminta percaya kepada partai maupun calegnya di pemilu legislatif.

“Kalau biacara etika seharusnya Caleg tersebut mundur. Kalau bicara yuridis , partai juga harusnya menarik caleg-caleg yang tersangkut hukum itu,” papar Ade.

Diberitakan sebelumnya, Komeng yang dikenal orang dekat Ratu Atut Chosyiah Gubernur Banten Non aktif, ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polres Kota Tangerang di kasus penggelapan dan penipuan uang Rp 125 juta dengan modus jual beli proyek senilai Rp 1 Miliar di Pemkot Tangsel.

Sementara penetapan tersangka Herdian dan Desy pengembangan dari tersangka Tubagus Chaeri Wardana (TCW), suami Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, dalam korupsi pembangunan Puskesmas di Tangsel tahun anggaran 2010-2011.

Herdian selaku Komisaris PT Mitra Karya Rattan dan Desy selaku Direkut PT Bangga Usaha Mandiri, selaku rekanan Pemkot Tangsel dalam proyek tersebut.

Sementara Suyadi sang Caleg PKB statusnya jadi tersangka dalam kasus penganiayaan di Polsek Serong atas laporan rekan sesama partainya. (Cun/Dik)