Soal Formasi dan Kuota CPNS 2018, Pemkab Tangerang Masih Terutup

Soal Formasi dan Kuota CPNS 2018, Pemkab Tangerang Masih Terutup, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Formasi dan Kuota CPNS 2018, Pemkab Tangerang Masih Terutup, Berita720

Soal Formasi dan Kuota CPNS 2018, Pemkab Tangerang Masih Terutup, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Formasi dan Kuota CPNS 2018, Pemkab Tangerang Masih Terutup, 720, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Soal Formasi dan Kuota CPNS 2018, Pemkab Tangerang Masih Terutup

Gedung Pemkab Tangerang. (dok)
Gedung Pemkab Tangerang. (dok)

TRUST TIGARAKSA – Koordinasi terkait pembukaan pendaftaran Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun  2018 untuk formasi di Pemerintahan Kabupaten Tangerang telah dilakukan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Iya kita sudah koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpan RB untuk pembukaan penerimaan/pendaftaran CPNS tahun ini. Pembukaannya nanti serentak,” kata Surya Wijaya, Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM, Kabupaten Tanggerang, kepada trustkota.com, Rabu (12/10/2018), di gedung Pemkab Tangerang.

Kata Surya yang saat itu, mengaku baru saja koordinasi dengan Sekretaris Derah (Sekda), mengaku seluruhnya proses penerimaan CPNS Tahun 2018 ini, dilakukan oleh pemerintah pusat. Lanjut Surya, tidak seperti dulu, lokasi tes para CPNS kita yang menentukan.

“Sekarang semua pusat. Kita hanya menyerahkan formasi yang kita butuhkan saja,” ungkap Surya.

Ketika ditanya berapa kuota dan formasi untuk Kabupaten Tangerang, Surya enggak mengatakan. “Tidak etis, pa rudi saja (Sekda). Gak enak kalau saya yang ngomong karena mendahului beliau,” jawab Surya.

Sekrtaris Daerah (Sekda) Mochamad Maesyal Rasyid, yang saat itu hendak dikonfirmasi diruangannya sudah tidak ada ditempat. “Pa sekda baru saja pergi rapat ke Hotel Aston ,” kata Staf di kantor Sekda.

Seperti diketahui, pemerintah pusat melalui Kemenpan RB telah memberikan keterangan di sejumlah media harian nasional bahwa penerirmaan CPNS 218 akan dibuka pendaftarnya pada Tanggal 16 September sampai 19 September.

Adapun formasi yang diinformasikan pemerintah pusat yakni  238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat  (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda). Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari : Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS. (dik/red)