SMPN I Muncang Jadi Juara, Ciptakan Tinta dari Bahan Herbal

SMPN I Muncang Jadi Juara, Ciptakan Tinta dari Bahan Herbal, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, SMPN I Muncang Jadi Juara, Ciptakan Tinta dari Bahan Herbal, Berita659

SMPN I Muncang Jadi Juara, Ciptakan Tinta dari Bahan Herbal, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, SMPN I Muncang Jadi Juara, Ciptakan Tinta dari Bahan Herbal, 659, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, SMPN I Muncang Jadi Juara, Ciptakan Tinta dari Bahan Herbal

Para pelajar SMPN I Muncang didampingi gurunya tengah membuat tinta dari bahan herbal.
Para pelajar SMPN I Muncang didampingi gurunya tengah membuat tinta dari bahan herbal.

LEBAK  TRUSTKOTA – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Muncang menjadi juara Ke-2 dalam Lomba Peneitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat SMP Se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemendikbud ,  di Hotel Santika , 8-14 Oktober 2014 lalu.

SMPN 1 Muncang Kabupaten Lebak mewakili Banten meraih medali perak melalui prestasi yang menakjubkan di bidang teknologi yakni membuat tinta dari buah harendong, yang memiliki warna pekat. Buah ini dicampur dengan bahan herbal lain seperti leuncah dan sirih dapat menjadi tinta dari bahan herbal.

Melalui beberapa kali percobaan yang dilakukan, mulai dari mencampurkan harendong ini dengan kulit jeruk, sirih ternyata masih belum bisa dijadikan tinta, akhrinya campuran harendong, sirih dan leuncah lah yang mampu membuat karya ilmiah tinta yang sudah di uji keabsahannya dan dapat digunakan sebagai tinta isi ulang pulpen dan juga stempel.

“Awalnya tumbuhan ini sering tumbuh dibelakang sekolah, ketika berbuah itu iseng dimakan, ketika dimakan dilidah meninggalkan warna biru, dan ini cepat kering tidak seperti air, dari situlah saya mulai berbagi dengan guru yang Pembimbing dan terlintas pikiran untuk dibuat tinta,” Ujar Basit siswa kelas 9 SMPN 1 Muncang.

Pembimbing yang mendapat ide kreatif langsung merespon. ” Ketika anak-anak menyampaikan temuan teknologi ilmiah untuk menciptakan tinta dari bahan alami , seperti harendong , leuncah dan sirih  kepada saya, saya segera menanggapi dan mulai mengkaji bahan alami apa saja yang dapat mendukung agar menjadi tinta,” pungkas susilowati guru pembimbing

Sementara itu, Kepala sekolah SMPN 1 Muncang, Raden Danu Nugraha  merasa bangga. Menurutnya, suatu prestasi yang luar biasa telah ditorehkan anak didiknya dimata nasional.

“Saya merasa bangga bisa bersaing ditingkat nasional walaupun mendapat perak, namun ini menjadi suatu prestasi yang sangat baik walaupun letak sekolah kami di pelosok tidak menjamin bahwa kami tidak bisa ikut berprestasi. Saya berharap kedepannya bisa terus di pertahankan bahkan di tahun 2015 bisa mendapatkan emas, bukan perak lagi,” katanya. (Yrz)