Simulasi Pemilu di Tangerang, Pemilih Habiskan Durasi Waktu 3-6 Menit

Simulasi Pemilu di Tangerang, Pemilih Habiskan Durasi Waktu 3-6 Menit, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Simulasi Pemilu di Tangerang, Pemilih Habiskan Durasi Waktu 3-6 Menit, Berita320

Simulasi Pemilihan Umum di Kab Tangerang/Trustkota
Simulasi Pemilihan Umum di Kab Tangerang/Trustkota

TRUSTKOTA TANGERANG РDurasi waktu untuk pemilih di Pemilu 2019 menghabiskan 3-6 menit waktu. Hal itu terlihat saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang melakukan simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Minggu (24/2/2019).

“Masing-masing pemilih durasi nya berbeda, ada yang 3 menit ada yang sampai 6 menit, tapi tidak ada kendala yang berarti walau ada beberapa catatan,” ujar M. Ali Zaenal Abidin Ketua KPU Kabupaten Tangerang.

Simulasi Pemilu 2019 tersebut dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12.

“Kebetulan kami mengambil tempat wilayah Desa Sukamulya, sebagai representasi dari pedesaan,” katanya.

Ali mengungkapkan, simulasi tersebut bertujuan mengetahui sejauh mana pemahaman anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melakukan proses pemungutan suara hingga proses pencatatan.

“Karena ada banyak hal berbeda dari pemilu sebelumnya, misalnya bagaimana memperlakukan pemilih pindahan, agar memperoleh hak pilih, menentukan suara sah tidak sah dan melakukan pencatatan karena ini cukup banyak partainya 16, Calon DPD ada 26 dan capres ada 2,” beber Ali.

Selain itu, lanjut Ali, simulasi tersebut juga dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat terhadap pemilu serentak. Pasalnya, saat memasuki bilik suara, pemilih akan mendapatkan lima surat suara.

“Karena satu pemilih mendapatkan 5 surat suara, paham tidak melakukan proses pemungutan ini, sehingga ini jadi bahan evaluasi kami dan bisa kedepan masih cukup punya waktu 52 hari efektif bagaimana kekurangan itu bisa kita perbaiki sehingga masyarakat tidak lagi bingung,” kata dia.¬†(krm/joe)