Segi Hitam Politik di Pileg 2014, Potensi Prilaku Korup

Segi Hitam Politik di Pileg 2014, Potensi Prilaku Korup, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Segi Hitam Politik di Pileg 2014, Potensi Prilaku Korup, Berita476

Segi Hitam Politik di Pileg 2014, Potensi Prilaku Korup, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Segi Hitam Politik di Pileg 2014, Potensi Prilaku Korup, 476, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Segi Hitam Politik di Pileg 2014, Potensi Prilaku Korup

Pileg

TRUSTKOTACOM-Pengamat politik Universitas Tirtayasa (Untirta) Ikhsan Ahmad, menyatakan frame kemenangan para caleg masih jauh dari substansi representasi suara rakyat. Malah sebaliknya, menjadi representasi kemenangan mobilisasi pendanaan politik melalui tahapan tahapan pragmatisme dan transaksional.

“Gambaran ini memperjelas bagaimana dinamika komunikasi politik antara masyarakat, elite politik dan parpol terjadi membentuk segitiga hitam politik. Puncak segitiga adalah potensi perilaku korup, dua kaki segitiga lainnya adalah dominasi berpikir dan bersikap proseduralistik,” katanya kepada wartawan, Jumat (25/04/2014).

Ia menyatakan, segitiga ini terus mengukuhkan garis distorsi yang kuat terhadap nilai-nilai dasar kemasyarakatan dan pembangunan. Oleh karena itu, jelas dia, gamabaran yang tampak jelas, pemilu menjadi ajang siapa memanfaatkan siapa.

Ia menjelaskan, faktor mendasar yang menyebabkan maraknya politik transaksional antara lain imbas dari tekanan oportunistik perilaku parpol dan elite politiknya.

Menurut Ikhsan, dalam konteks nasional banyak pemimpin publik yang tidak selaras antara perkataan dan perbuatan. Sedangkan di lingkup daerah keberadaan wakil rakyat seringkali menjadi beban masyarakat dan tidak memberi pengaruh signifikan terhadap gradasi perubahan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik. (teg)