Rumah di Cluster Abaya Diduga Tak Memiliki Izin Mendirikan Bangunan

Rumah di Cluster Abaya Diduga Tak Memiliki Izin Mendirikan Bangunan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Rumah di Cluster Abaya Diduga Tak Memiliki Izin Mendirikan Bangunan, Berita820

Rumah di Cluster Abaya Diduga Tak Memiliki Izin Mendirikan Bangunan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Rumah di Cluster Abaya Diduga Tak Memiliki Izin Mendirikan Bangunan, 820, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Rumah di Cluster Abaya Diduga Tak Memiliki Izin Mendirikan Bangunan

Salah satu rumah di Cluster Abaya, Suradita, Cisauk, Kabupaten Tangerang.
Salah satu rumah di Cluster Abaya, Suradita, Cisauk, Kabupaten Tangerang.

TRUSTKOTACOM CISAUK – Rumah di Cluster Abaya, Kelurahan Suradita, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, diduga tak berizin. Dugaan tersebut dikuatkan dengan tidak adanya rekomendasi dari pemerintah setempat seperti kecamatan dalam proses pengajuan perizinan rumah di cluster tersebut.

Seperti kita ketahui, salah satu rekomendasi dari pemerintah kecamatan salah satu syarat untuk mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T). Pihak Kecamatan Cisauk mengaku belum pernah mengeluarkan rekomendasi untuk proses perizinan cluster yang baru beberapa bulan rampung itu.

“Kalau saya ditanya kecamatan pernah mengeluarkan atau memberikan rekomendasi untuk proses perizinan cluster tersebut saya tidak pernah mengeluarkan,” kata Camat Cisauk, Murhadi.

Fuad pihak dari Cluster Abaya,yang berhasil dikonfirmasi trustkota.com, mengatakan, berkas untuk perizinan akan dimasukan ke badan perizinan Kabupaten Tangerang hari Senin (pekan depan).

Ditanya kenapa baru mengurus padahal pembangunan seluruh rumah di cluster tersebut sudah rampung, Fuad mengatakan karena ada perubahan bangunan. “Izin sudah ada. Tapi, sekarang diperbaharui lagi karena ada perubahan bangunan,” aku Fuad saat dihubungi trustkota.com melalui telepon gengamnya, Sabtu (16/05/2014).

Izin Dulu Baru Membangun
Untuk diketahui, setiap pembangunan harus terlebih dahulu mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang. Pengaturan mengenai Izin Mendirikan Bangunan di dalam Kabupaten Tangerang diatur di dalam Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2001 tentang Izin Mendirikan Bangunan, sebagaimana yang telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Nomor 10 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2001 tentang Izin Mendirikan Bangunan.

Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah izin yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang kepada perorangan maupun badan, yang bertujuan agar desain pelaksanaan pembangunan dan pembangunan bangunan sesuai dengan Rencana Tata Ruang (RTR), Koefesien Dasar Bangunan (KDB), Koefesien Lantai Bangunan (KLB), dan ketinggian bangunan yang ditetapkan dan sesuai dengan syarat-syarat keselamatan bangunan.

Tahapan dan Persyaratan Permohonan IMB, pemohon wajib mengajukan permohonan secara tertulis kepada Bupati Kabupaten Tangerang. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi oleh pemohon adalah sebagai berikut:

Rekaman Advice Planning atau Fatwa Rencana Pengarahan Lokasi atau Ijin, Pemanfaatan Ruang dan Site Plan, rekaman Surat Ijin Lokasi atau Aspek Tata Guna Tanah, rekaman sertifikat hak atas tanah atau bukti perolehan tanah, atau bukti lain atas penguasaan tanah,  Ijin Lingkungan atau Ijin Tetangga, dan  rekaman kerangka acuan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL), khusus bagi badan usaha yang telah berbadan hukum.(Qy)