Ratusan TKI Eks Jedah Tiba di Bandara Soeta Tangerang

Ratusan TKI Eks Jedah Tiba di Bandara Soeta Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan TKI Eks Jedah Tiba di Bandara Soeta Tangerang, Berita449

Ratusan TKI Eks Jedah Tiba di Bandara Soeta Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan TKI Eks Jedah Tiba di Bandara Soeta Tangerang, 449, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan TKI Eks Jedah Tiba di Bandara Soeta Tangerang

Para TKI saat di Balai Pelayanan Kepulangan TKI (BPKTKI) Selapajang, Kota Tangerang.
Para TKI saat di Balai Pelayanan Kepulangan TKI (BPKTKI) Selapajang, Kota Tangerang.

TRUSTKOTACOM – Sebanyak 404 dari sekitar 6 ribuan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sudah di Deportasi pemerintah Saudia Arabia, Minggu (10/11/2013) malam, tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Ratusan TKI yang seluruhnya adalah para wanita itu, tiba di Terminal II, sekitar pukul 19.30 WIB, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-983 rute Jeddah-Jakarta.

Kepala BNP2TKI, Jumhur Hidayat mengatakan, pemulangan itu akan terus dilakukan, mengingat begitu banyaknya jumlah TKI yang saat ini sudah di deportasi Pemerintah Saudi Arabia.

“Mereka di deportase karena masa tinggal mereka disana sudah habis,” katanya, kepada wartawan.

Menurutnya, pemerintah RI akan  secara bertahap, dalam melakukan pemulangan para TKI itu. Pasalnya, mereka harus melakukan proses pendataan terlebih dahulu sebelum dipulangkan.

“Jadi ada proses yang harus dilalui dan itu aturan disana. Tetapi kami tetap akan memprioritaskan para wanita dan anak-anak,” tukasnya.

Jumhur menambahkan, selanjutnya, para TKI itu akan dipulangkan ke dearah asalnya masing-masing. “Jika ada diantara mereka yang asalnya jauh, seperti dari daerah Lombok, Sumbawa, Jambi, Riau dan lainnya, kami akan pulangkan dengan menggunakan pesawat” paparnya.

Sementara, Wagini salah satu TKI asal Jawa Tengah mengaku, kapok dan kecewa. Pasalnya, sudah  selama kurang lebih 7 tahun ia tinggal di Jeddah, Saudi Arabia, tak ada satu rupiah pun yang ia bawa pulang ke Indonesia.

“Kapok dan kecewa, karena niat saya ingin kerja dan dapatkan uang, tapi malah terlunta-lunta disana. Karena tidak ada pekerjaan menentu dan banyaknya berbagai calo dan modus penipuan disana,” pungkasnya. (ges)