Ratusan Perangkat Desa Di Lebak Diajari Penyusunan RAPBDES

Ratusan Perangkat Desa Di Lebak Diajari Penyusunan RAPBDES, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Perangkat Desa Di Lebak Diajari Penyusunan RAPBDES, Berita143

Ratusan Perangkat Desa Di Lebak Diajari Penyusunan RAPBDES, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Perangkat Desa Di Lebak Diajari Penyusunan RAPBDES, 143, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Perangkat Desa Di Lebak Diajari Penyusunan RAPBDES

Perangkat desa sedang dilatih pembuatan RAPBDES
Perangkat desa sedang dilatih pembuatan RAPBDES

LEBAK,TRUSTKOTA- Sebanyak 230  perngkat desa wilayah utara dan tengah di Kabupaten Lebak  diajari penyusunan RAPBDes Perubahan. Nantinya mereka diharapkan akan mahir dalam menyusun atau membuat RAPBDes tersebut.

” Kenapa mereka harus bisa menyusun RAPBDes, karena sekarang ini keuangan desa pengelolaanya banyak di desa ,”Ujar Asep Raedi kepala Kantor Diklat Kabupaten Lebak disela-sela mempasilitasi pelaksnaaan pelatihan penyusunan RAPBDes di Gedung As- Sakinah , Rangkasbitung, Rabu (30/9).

Menurut Asep kapasitas kantornya dalam pelatihan ini, tidak lain hanya mempasilitasi saja. .Sementara yang menyelenggarakan yaitu LPPM STIA Banten.

” Biayanya ditanggung oleh masing-masing peserta masing-masing peserta harus bayar Rp 1 juta , karena dalam anggaran desa terdapat untuk biaya pelatihan. Dana itulah yang harus diserap ,” Katanya.

Pelatihan ini, kata Asep di laksanakan selama tiga hari . Sebelumnya untuk wilayah selatan sudah dilaksanakan di gedung Villa Kuning, Bayah. Perlunya aparat desa mengerti dan memahami atau bisa menyusun RAPBDes ini, lanjut Asep, karena RAPBDes ini merupakan cantolan penyerapan dana APBD.

” Untuk itu kami berharap dengan  diadankannya pelatihan ini, para aparat desa nantinya bisa atau mampu menyusun RAPBDes, Karena setiap program yang akan dilaksanakan harus sesuai dengan RAPBDes ,” Katanya.

Sementara, Ajat salah satu perangkat  desa dari Desa dan Kecamatan Curugbitung, mengaku senang dengan diberikannya kesempatan untuk mengikuti kegiatan pelatihan penyusunan RAPBDes . Dengan demikian, sambung Ajat, pihaknya akan mendapat pengetahuan atau ilmu dalam penyusunan RAPBDes.

” Yang pasti kami dapat ilmu dan pengetahuan tentatang dan tatacara penyusunan RAPBDes ,” Katanya. (Riz)