Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa Di Lebak Dibekali Keterampilan

Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa Di Lebak Dibekali Keterampilan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa Di Lebak Dibekali Keterampilan, Berita960

Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa Di Lebak Dibekali Keterampilan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa Di Lebak Dibekali Keterampilan, 960, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa Di Lebak Dibekali Keterampilan

Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa ketika diberikan materi , di Aula Hotel Karisma, Rabu (14/10).
Ratusan Pengelola Usaha Milik Desa ketika diberikan materi , di Aula Hotel Karisma, Rabu (14/10).

LEBAK,TRUSTKOTA- Guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupaten Lebak, sebanyak 100 peserta yang merupakan pengelola atau pengurus BUMDes di 13 Kecamatan, 14 Desa serta 13 Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi bangunan kecamatan dibekali pelatihan keterampilan manajemen di Aula Hotel Karisma, Rabu (14/10).

“pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pengusaha dan pengelola yang nantinya akan ┬ámeningkatkan perekonominan desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa,”kata Dede Sutisna Kepala Bidang usaha ekonomi masyarakat BPMPD Kabupaten Lebak.

Menurut Dede, pelaksanaan kegiatan seperti ini didasarkan kepada UU Republik Indonesia nomor 6 tahun 2014 tentang desa yang bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal ini SKPD sendiri sebagai panitia pelaksanaan.

“Teknis pelatihannya andragogi, dimana diskusi dan tanya jawabnya output yang akan menghasilkan rancangan perdes pembentukan BUMDes, AD/ART, SK pengelolaan dan Project proposal usaha itu untuk direkomendasi masuk di ADD tahun 2016,”paparnya.

Meskipun ini yang pertama, Kata Dede, namun BUMDes ini sudah berhasil berjalan di 13 Kecamatan , 14 Desa yang ada di Kabupaten Lebak.

“sebenarnya dengan adanya BUMDes ini mampu menekan urbanisasi yang ada di Desa itu sendiri,”ujarnya.

Sementara,Tatang Supriyatna Kepala Desa Cimenteng Jaya Kecamatan Cibadak yang merupakan salah satu daerah yang BUMDes nya telah berjalan mengatakan contoh kecilnya adalah pendistribusian papin block yang dikelola oleh kelompok masyarakat telah berhasil didistribusikan keluar desa bahkan kecamatan.

“jadi di desa Cimenteng jaya ada satu kelompok masyarakat yang memproduksi papin block, dimana berkat BUMDes ini penjualannya bisa keluar desa bahkan kecamatan, jelas itu menunjukan bahwa adanya peningkatan pada usaha tersebut,”tandasnya. (Riz)