Ratusan Buruh Lumpuhkan Aktivitas Produksi PT Hockinda Citra Lestari

Ratusan Buruh Lumpuhkan Aktivitas Produksi PT Hockinda Citra Lestari, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Buruh Lumpuhkan Aktivitas Produksi PT Hockinda Citra Lestari, Berita758

Ratusan Buruh Lumpuhkan Aktivitas Produksi PT Hockinda Citra Lestari, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Buruh Lumpuhkan Aktivitas Produksi PT Hockinda Citra Lestari, 758, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Ratusan Buruh Lumpuhkan Aktivitas Produksi PT Hockinda Citra Lestari

Gara-gara rekannya di PHK, ratusan buruh lumpuhkan produksiPT Hockinda Citra Lestari.
Gara-gara rekannya di PHK, ratusan buruh lumpuhkan produksiPT Hockinda Citra Lestari.

TRUST SUMUT- Setelah melakukan perjuangan panjang selama 51 hari, dimana sejak PHK semena-mena terhadap 669 buruh secara sepihak oleh pimpinan perusahaan PT. Hockinda Citra Lestari, Selasa (08/09/2014), ratusan buruh dari perusahaan tersebut melakukan aksi demo. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas terhadap PHK rekan-rekannya.

Sekitar 500 buruh yang tergabung dalam SBME GSBI PT Hockinda Citralestari beserta sanak keluarganya dari jumlah total 669 buruh yang di PHK, melakukan aksi pelumpuhan proses produksi perusahaan dengan cara memblokir seluruh pintu gerbang masuk pabrik yang berlokasi di Jalan Orde Baru, Desa Mulio Rejo KM. 12,5 Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Sedang, Sumatra Utara (Sumut).

“Tindakan ini sengaja dilakukan oleh para buruh sebagai bentuk paksaan kepada pimpinan perusahaan yang telah menelantarkan 669 buruh selama 51 hari atas perselisihan hubungan kerja, dengan cara mem PHK 669 buruh tanpa menjalankan mekanisme PHK yang telah diatur Undang-Undang dan ketentuan hukum lainnya tentang perburuhan,” kata Djaoen Muriz, perwakilan buruh melalui press realasenya yang dikirim ke redaksitrustkota.com.

Menurutnya, selain menuntut agar pihak pimpinan perusahaan segera menyelesaikan perselisihan hubungan kerja sehingga dapat mempekerjakan kembali para buruh, 669 buruh juga menuntut agar pihak perusahaan untuk dapat segera melaksanakan pemenuhan hak-hak normatif seluruh buruh yang selama di PHK.

“Hak-hak itu diantarnya, pembayaran upah setiap tahunnya dibawah UMSK Deli Serdang, pembayaran THR diluar ketentuan hukum, pelarangan berorganisasi dan berserikat, dan lain-lain,” terang Djaoen.

Aksi pemblokiran yang dilakukan oleh sekitar 500 buruh beserta sanak keluarganya, dimulai sejak pukul 05.00 dini hari dan membuat pagar betis di depan perusahaan PT. Hockinda Citra Lestari.

Setelah massa buruh menyusun barisan pemblokiran di depan perusahaan, selanjutnya beberapa jam kemudian, sekitar pukul 07.00 WIB hingga pukul 07.45 WIB. Puluhan buruh yang masih bekerja mulai berdatangan ke perusahaan berupaya untuk dapat masuk ke dalam area perusahaan.

Akan tetapi juga terdapat sebagai kecil buruh yang bekerja melakukan pemaksaan kepada massa buruh yang melakukan pemblokiran untuk dapat masuk ke dalam pabrik.

Tindakan tersebut dipicu oleh provokasi dan mobilisasi yang dilakukan oleh para pengurus Serikat Kerja Hockinda Citra Lestari (SKHOCI) sebagai serikat bentukkan perusahaan kepada sebagian kecil buruh yang masih bekerja untuk memecah persatuan buruh.

Provokasi dan mobilisasi yang dimotori oleh SKHOCI sempat mengakibatkan kericuhan kecil dan tarik menarik antara sebagian buruh yang melakukan pemblokiran dengan sebagian kecil buruh yang ingin masuk ke dalam pabrik.

Namun kondisi tersebut hanya berlangsung sekitar beberapa menit saja, sampai situasi dan kondisi di depan perusahaan kembali kondusif dan terkoordinir ketika para pengurus SKHOCI mengurungkan niatnya untuk memprovokasi buruh yang bekerja agar memaksa masuk ke dalam pabrik.

Sekitar pukul 11.00 WIB, ditengah terik panasnya matahari, massa buruh yang melakukan pemblokiran semakin bersemangat ketika berbagai bentuk dukungan dan solidaritas senantiasa silih berganti datang ke lokasi perusahaan untuk membantu perjuangan ratusan buruh.

Hingga kabar ini dirilis, aksi damai pemblokiran tetap masih berlangsung secara tertib dan terkoordinir oleh 500 an buruh beserta keluarganya  dari total 669 buruh yang di PHK sepihak oleh pimpinan perusahaan PT. Hockinda Citra Lestari. (Rls/Dik)