Rapid Tes, Enam Tenaga Medis di Kabupaten Tangerang PDP Corona

Rapid Tes, Enam Tenaga Medis di Kabupaten Tangerang PDP Corona, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Rapid Tes, Enam Tenaga Medis di Kabupaten Tangerang PDP Corona, Berita276

Hery Haryanto, Asda I Pemkab Tangerang/TRUSTKOTA.com
Hery Haryanto, Asda I Pemkab Tangerang/TRUSTKOTA.com

TRUST TANGERANG – Sebanyak enam orang tenaga medis di Kabupaten Tangerang terpapar virus corona dan bersatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Data itu merupakan hasil rapid test hingga Kamis (2/4/2020) yang dilakukan terhadap 346 tenaga medis di 18 Rumah Sakit (RS) milik pemerintah dan swasta di Kabupaten Tangerang.

“Enam tenaga medis tersebut statusnya positif sementara atau PDP. Karena untuk akurasi tesnya harus dilakukan tiga kali. Jika tiga kali tes hasilnya positif semua, berarti kesimpulannya positif,” kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tangerang Hery Heryanto, Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, enam tenaga medis yang kini berstatus PDP itu kemungkinan tertular dari pasien yang pernah ditanganinya. Namun ia  tidak merinci asal rumah sakit dari enam tenaga medis yang terpapar Covid-19 dengan status PDP tersebut.

“Iya, sehari-hari mereka merawat pasien serupa dan mereka ini tanpa gejala. Saat ini, para tenaga medis tersebut sedang menjalani perawatan dan pengawasan Covid-19 di sejumlah rumah sakit,” terangnya.

Asisten Daerah I Kabupaten Tangerang itu juga menerangkan, jumlah tersebut masih bersifat sementara dan kemungkinan bisa bertambah karena rapid test kepada tenaga medis belum tuntas.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Tangerang mendapatkan 2.600 unit rapid test dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Banten. Dari banyaknya rapid test tersebut, kemudian disebar ke 23 rumah sakit pemerintah dan swasta yang ada di Kabupaten Tangerang.

Jumlah tersebut, diakui masih kurang dibandingkan dengan kebutuhan yang diajukan masing-masing rumah sakit untuk tes para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Terpisah, Kepala Humas Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang Mohammad Rifki mengatakan, proses rapid test yang mereka lakukan belum tuntas, sehingga belum dapat menyampaikan hasil tes cepat tersebut.

“Kami yang dapat paling banyak rapid test-nya karena rumahs akit rujukan. Sementara ini kami baru dapat sekira 140 unit rapid test dan prosesnya masih berjalan. Nanti kalau sudah tuntas, hasilnya baru dapat kami sampaikan,” pungkasnya. (cun/ang)

www.trustkota.com
www.trustkota.com