Puluhan Sopir Bus di Lebak Di Tes Urine

Puluhan Sopir Bus di Lebak Di Tes Urine, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Puluhan Sopir Bus di Lebak Di Tes Urine, Berita301

Puluhan Sopir Bus di Lebak Di Tes Urine, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Puluhan Sopir Bus di Lebak Di Tes Urine, 301, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Puluhan Sopir Bus di Lebak Di Tes Urine

bus rudi

TRUSTKOTACOM – Petugas Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lebak, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan (Dishub), Kabupaten Lebak, menggelar tes urine terhadap puluhan sopir bus di Terminal Mandala, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Selasa (19/02/2013).

“Selain tes urine, kita juga menguji kelayakan bus-bus yang beroperasi saat ini. Tes urine memang sengaja kita lakukan terhadap para sopir bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan pengemudi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP),” kata Kasatlantas Polres Lebak AKP M Mujib.

Menurutnya, tujuan dari tes kesehatan agar para pengemudi dipastikan tidak dalam kondisi terpengaruh obat terlarang ataupun minuman keras saat mengemudikan kendaraanya. Hasil tes urine yang dilakukan tak ada satupun sopir yang terindikasi mengkonsumsi obat terlarang atau narkoba.”Dari sekitar 20 sopir yang kesehatannya kita periksa tidak ada satupun yang terindikasi mengonsumsi narkoba, alkohol dan sakit,” ujar Mujib.

Mujib menambahkan, kegiatan tes kesehatan dan urine ini terus akan dilakukan secara berkala agar tidak ada keejadian yang tidak diinginkan saat diperjalanan. “Tes ini kami lakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas. Jika ada yang terindikasi menggunakan narkoba, maka kami akan menindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tambahnya.

Sementara  itu, Kadishub Lebak Kosim Anshori mengatakan, pihaknya juga turut memeriksa uji kelayakan kendaraan bus seperti memeriksa rem, lampu sen, kaca spion, kaca film dan lainnya. “Selain orangnya harus sehat, kendaraannya pun harus benar-benar layak jalan sehingga para penumpang yang menggunakan jasa angkutan bus selamat dan nyama sampai tujuan,” ujar Kosim. (yar)