Puluhan Rumah Warga Desa Cilangkap Terancam Longsor

Puluhan Rumah Warga Desa Cilangkap Terancam Longsor, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Puluhan Rumah Warga Desa Cilangkap Terancam Longsor, Berita191

Puluhan Rumah Warga Desa Cilangkap Terancam Longsor, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Puluhan Rumah Warga Desa Cilangkap Terancam Longsor, 191, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Puluhan Rumah Warga Desa Cilangkap Terancam Longsor

Anggota DPRD Lebak Dian Wahyudi yang merupakan warga desa tersebut ketika ikut gotong royong menurab bantaran sungai di desanya, Minggu (02/07/2015).
Anggota DPRD Lebak Dian Wahyudi yang merupakan warga desa tersebut ketika ikut gotong royong menurab bantaran sungai di desanya, Minggu (02/07/2015).

LEBAK,TRUSTKOTA- Sekitar 40 rumah milik warga kampung Cempak, Desa Cilangkap, Kecamatan Kalanganyar terancam longsor. Pasalnya untuk mengatisipasi hal tersebut warga setempat melakukan gotong royong dengan menurab bibir sungai Ciujung yang berada di sekitar lingkungan mereka.

Roni Bahroni tokoh pemuda warga desa Cilangkap yang juga salah satu balon Kades di desa Cilangkap mengatakan, selama ini bibir sungai yang ada di lingkungan warga desa tersebut kerap longsor, terutama ketika sungai banjir. Hal itu mengakibatkan jarak bibir sungai ke pemukiman warga hanya tinggal tiga meter saja, yang dikhawatirkan jika sewaktu-waktu banjir datang, itu bisa mengancam keselamat warga sekitar.

“Kebetulan di kampung kami ini ada anggota DPRD Lebak, Dian namanya, dan kami sudah bicara pada beliau agar diusulkan di APBD, tapi hingga sekarang belum ada jawaban yang menggembirakan. Dari pada menunggu-nunggu bantuan dari pemerintah yang entah kapan datangnya. Atas inisiatif warga, akhirnya kami sepakat melakukan gotong royong saja untuk melakukan penuraban, ” Kata Roni ketika ikut aktif dalam kegiatan gotong royong tersebut, Minggu (2/8/2015).

Hal senada dikatakan ketua Rt/Rw 01/01 kampung Cempak, Desa Cilangkap Jaenal Abidin. Menurutnya, inisiatif warga melakukan gotong royong dalam rangka menurab (boronjong) bibir sungai ciujung tersebut, sangat mendesak. Sebab, jika tidak segera ditangani khawatir ada sekitar 40 rumah terancam akan longsor dan menggerus rumah-rumah warga yang ada di sepanjang bibir sungai dikampung tersebut.

“Alhamdulillah atas inisiatif Roni yang kebetulan beliau juga balon kades dan para tokoh lainnya, kami seluruh warga kampung Cempak melakukan gotong royong. Kalau tidak kami ya siapa lagi, yang mau peduli terhadap lingkungan ini, sebab kami juga bukan tidak ada upaya mengusulkan ke pemerintah daerah, ” Kata Zaenal Abidin.

Sementara, Dian Wahyudi anggota DPRD Lebak yang juga tinggal di desa tersebut mengatakan, pihaknya membenarkan telah menerima aspirasi warga kampung Cempak, Desa Cilangkap, terkait dengan penuraban bibir sungai Ciujung yang ada disepanjang perkampungan mereka.

“Saya telah mengusulkan ke pemerintah daerah, bahkan secara formil telah membawa pada rapat fraksi dan komisi DPRD setempat. Namun hingga saat ini, belum ada jawaban yang pasti dari pihak terkait,”ujarnya.

Sementara, Kata Dian, ketika ditanyakan kepada PU, mereka  menjawab untuk masalah tersebut itu bagian dari kewenangan Balai Besar Sungai Ciujung Cidurian, Provinsi Banten.

“jujur saya sangat mengapresiasi inisiatif warga yang melakukan gotong royong tersebut, “pungkasnya. (Riz)