Program Desa Benderang Zaki Terangi 1.800 Rumah Warga Tak Mampu

Program Desa Benderang Zaki Terangi 1.800 Rumah Warga Tak Mampu, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Program Desa Benderang Zaki Terangi 1.800 Rumah Warga Tak Mampu, Berita903

Program Desa Benderang Zaki Terangi 1.800 Rumah Warga Tak Mampu, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Program Desa Benderang Zaki Terangi 1.800 Rumah Warga Tak Mampu, 903, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Program Desa Benderang Zaki Terangi 1.800 Rumah Warga Tak Mampu

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar.

TRUSTKOTACOM TANGERANG – Tahun 2014 ini, 1.800 rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau warga tak mampu yang berada di desa-desa terpencil, di 13 Kecamatan di Kabupaten Tangerang, akan terang benderang.

Ribuan rumah ini, akan mendapatkan pemasangan listrik gratis dari program Desa Benderang. Program Desa Benderang, merupakan salah satu dari 25 program yang dilahirkan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Menurut Sekretaris Dinas Industri dan Perdagangan, H. Achmad, pemasangan listrik di 1.800 rumah ini akan dilaksankan pada Bulan Desember mendatang. Saat ini, program tersebut tengah dalam tahap verifikasi data dari pihak kecamatan dan desa.

” Data yang ada di kita dari kecamatan dan desa ada sebanyak 1.800 rumah akan akan mendapatkan pemasangan listrik gratis dari Program Desa Benderang. 1.800 rumah tersebut tersebar di 13 Kecamatan di Kabupaten Tangerang,” kata Achmad kepada trustkota.com, hari ini.

Ditanya kapan pelaksanaan pemasangan listriknya, Achmad mengatakan, target bulan Desember pihaknya yang bekerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), sudah dilakukan pemasangan di 1800 rumah tersebut.

” Ya setelah tahapan verifikasi yang kita lakukan, pemasangan listrik di 1.800 rumah tersebut akan dilaksanakan. Verifikasi ini kita lakukan agar mendapat keakuratan data yang diusulkan pihak kecamatan dan desa,” ungkapnya.

Untuk menerangi ribuan rumah warga dengan listrik ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,5 Miliar dari  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabuapten Tangerang Tahun 2014.

Seperti diketahui, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menjanjikan, untuk tahun 2017  tak ada lagi rumah di desa-desa yang tidak teraliri listrik. Untuk memenuhi janjinya itu, bupati yang baru menjabat sekitar dua tahun ini, langsung meluncurkan Program Desa Benderang.

Dipastikan janji orang nomor satu di Kabupaten Tangerang, ini terwujud. Buktinya, tahun ini saja Program Desa Benderang akan menerangi 1.800 rumah. Sementara jumlah rumah yang tidak teraliri listri di Kabupaten Tangerang sebanyak  2.066.

Desa-desa yang akan mendapatkan program tersebut belum mendapat aliran listrik dari PLN tersebut karena wilayahnya masih sangat terpencil, jauh dari tiang listrik.  Rumah tangga yang sampai saat ini belum mendapatkan aliran listrik tersebut banyak terdapat di wilayah berbatasan. Seperti, wilayah perbatasan Bogor, Lebak dan wilayah perbatasan Serang. Hal itu dikarenakan memang wilayahnya jauh dari jangkauan tiang dari PLN. (dik)

Berdasarkan data di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, 13 Kecamatan yang akan mendapatkan Program Desa Benderang Tahun 2014 :

1. Kecamatan Cisauk
2. Kecamatan Kelapa Dua
3. Kecamatan Curug
4. Kecamatan Gunung Kaler
5. Kecamatan Sepatan Timur
6. Kecamatan Keronjo
7. Kecamatan Rajeg
8. Kecamatan Sepatan
9. Kecamatan Mekar Baru
10. Kecamatan Teluknaga
11. Kecamatan Sukamulya
12. Kecamatan Kemiri
13. Kecamatan Cisoka