PPP dan PAN Koalisi di DPRD Provinsi Banten

PPP dan PAN Koalisi di DPRD Provinsi Banten, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, PPP dan PAN Koalisi di DPRD Provinsi Banten, Berita641

PPP dan PAN Koalisi di DPRD Provinsi Banten, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, PPP dan PAN Koalisi di DPRD Provinsi Banten, 641, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, PPP dan PAN Koalisi di DPRD Provinsi Banten

20140901_152031

SERANG TRUSTKOTA – Walaupun dapat memenuhi batas minimal pembentukan fraksi sendiri di DPRD Banten, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ternyata masih ingin lebih memperkuat posisinya di parlemen. Salah satunya dengan menggandeng Partai Amanat Nasional (PAN) untuk masuk ke dalam satu kesatuan di dalam Fraksi PPP.

“Kami sudah memutuskan untuk memasukan 3 Anggota DPRD terpilih dari PAN, untuk bergabung bersama 8 Anggota DPRD terpilih dari PPP dalam satu kesatuan fraksi. Kami sudah melakukan pembahasan-pembahasan untuk menjadi satu bagian dalam fraksi yang diberi nama Fraksi Amanat Partai Persatuan Pembangunan,” kata Ketua Fraksi PPP, H.M Sayuti, Rabu (17/9).

Sayuti menjelaskan Fraksi Amanat Partai Persatuan Pembangunan (F-APPP) di DPRD Banten dibentuk bukan karena PPP tidak memenuhi batas minimal pembentukan fraksi sendiri. Fraksi tersebut terbentuk sebagai wujud koalisi politik antara PPP yang memiliki 8 kursi dan PAN yang memiliki perwakilan 3 kursi di DPRD Banten.

“Sesungguhnya PPP sudah cukup untuk membentuk fraksi sendiri, karena kami memiliki 8 kursi di DPRD Banten. Bahkan kami menempati posisi pimpinan DPRD,” kata Sayuti.

Sayuti menjelaskan, PAN yang memiliki 3 kursi di DPRD Banten sebelumnya meminta bergabung karena menilai PPP memiliki visi dan misi sama untuk membangun Banten.

“PAN tidak bisa membentuk fraksi sendiri, dan harus bergabung dengan partai lain. Kebetulan PAN lebih cocok dan memilih ikut gabung dengan Fraksi PPP, dan permintaan bergabung disetujui oleh PPP, dalam rangka membangun koalisi politik,” jelas Sayuti.

Selain itu, pencantuman identitas PAN dalam nama fraksi (F-APPP) juga sudah menjadi pertimbangan. Dengan demikian nama Fraksi PPP ditambahkan dengan kata ‘Amanat’, sehingga menjadi Fraksi Amanat Partai Persatuan Pembangunan (F-APPP).

“Apalah arti sebuah nama. Kami dengan tulus mencantumkan identitas PAN ke dalam fraksi kamiĀ  Intinya yang penting bagi kami, PAN sama-sama memiliki tujuan mulia bersama untuk menjadi agen perubahan khususnya di parlemen, demi membangun daerah,” tuturnya.

Bahkan lanjut Sayuti, jika menghitung jumlah kursi keseluruhan setelah 3 Anggota DPRD Banten dari PAN bergabung dengan Fraksi PPP yang beranggotakan 8 orang, totalnya mencapai 11 kursi.

“Fraksi (gabungan) kami menjadi memiliki 11 kursi. Insha Allah kekuatan kami di parlemen akan membawa manfaat bagi masyarakat Banten,” tambah Sayuti.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Banten, H.M Mardiono mengungkapkan alasan penerimaan gabungnya 3 Anggota DPRD Banten dari PAN ke Fraksi PPP, untuk mengimplementasikan kekuatan partai berbasis Islam untuk menjaga kearifan lokal di Provinsi Banten.

“PPP dan PAN memiliki ideologi yang sama sebagai partai berazaskan Islam. Ke depan kami akan bertanggungjawab untuk menjaga dan memperjuangkan nilai-nilai kearifan lokal dan nilai-nilai budaya Islami yang kuat di Banten. Kami sudah berkomitmen bersama,” ungkap Mardiono, seraya menambahkan bahwa PPP masih terus berkomunikasi dengan beberapa fraksi lain untuk bersama membangun kekuatan demi mengawal pembangunan dan pemerintahan di Provinsi Banten. (Rls/Dik)