Polri Peduli Penghijauan, Polresta Tangerang Tanam Pohon

Polri Peduli Penghijauan, Polresta Tangerang Tanam Pohon, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Polri Peduli Penghijauan, Polresta Tangerang Tanam Pohon, Berita664

Kapolres Kota Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indardi saat melakukan penghijauan.
Kapolres Kota Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indardi saat melakukan penghijauan.

TRUST TANGERANG - Bencana alam dan banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia awal tahun ini menyisakan duka mendalam.Tercatat, banjir terjadi di Jabodetabek. Selain itu, banjir juga terjadi di wilayah lain. Bahkan di Kabupaten Lebak, Banten, di Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur terjadi tanah longsor dan sebagian daerah mengalami banjir bandang.

Kapolresta Tangerang Polda Banten Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, curah hujan hingga beberepa pekan ke depan diprediksi masih tinggi. Oleh karenanya, ia dan jajaran akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana. Salah satu bentuk kesiapsiagaan, kata dia, adalah dengan mempersiapkan personel siaga bencana alam.

“Serta upaya yang kami lakukan secara nasional adalah dengan melakukan penanaman pohon secara nasional,” kata Ade saat kegiatan penanaman 250 pohon di Kawasan Puspemkab Tangerang, Jumat (10/1/2020).

Ade menjelaskan, kegiatan penanaman pohon merupakan bagian dari program Polri Peduli Lingkungan yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia. Dia berharap, keberadaan banyak pohon dapat menambah daya serap air sehingga bisa menahan terjadinya longsor.

Realisasi penanaman pohon oleh anggota Polri secara nasional, ujar Ade, dimulai dari tingkat polsek, polres, polda hingga Mabes Polri. Selain di lingkungan kantor, terang Ade, penanaman pohon juga dilaksanakan di asrama Polri hingga di lahan-lahan tidak produktif baik milik Polri, pemerintah maupun warga.

“Penanaman pohon juga akan dilakukan di daerah aliran sungai dan daerah pesisir,” bebernya.

Ade memaparkan, pohon yang ditanam ini, telah dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang yakni pohon yang mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar termasuk pepohonan yang memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.

Kegiatan penanaman pohon, lanjut Ade, melibatkan Forkopimda, pegiat lingkungan, serta elemen masyarakat lainnya. Adapun pohon yang akan ditanam, tambah Ade, diantaranya mahoni, pule, ketapang laut, trembesi, rambutan, kelengkeng, mangga, dan pohon lainnya.

“Semoga dengan penanaman pohon ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan,” tandasnya. (cun/dik)