Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Ditangkap Usai Tipu Rp40 Juta

Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Ditangkap Usai Tipu Rp40 Juta, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Ditangkap Usai Tipu Rp40 Juta, Berita893

Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Ditangkap Usai Tipu Rp40 Juta, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Ditangkap Usai Tipu Rp40 Juta, 893, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Polisi Gadungan Berpangkat Kompol Ditangkap Usai Tipu Rp40 Juta

Pengungkapan kasus polisi gadungan di Polsek Balaraja (Sherly/TRUSTKOTA.com)
Pengungkapan kasus polisi gadungan di Polsek Balaraja (Sherly/TRUSTKOTA.com)

TRUSTKOTA TANGERANG — Eddy Yudhiana alias Kosasih, polisi gadungan berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) diamankan anggota kepolisian Polsek Balaraja, Tangerang.

Hal tersebut setelah, polisi gadungan yang mengaku anggota Polda Metro Jaya ini melakukan penipuan atau penggelapan terkait jual beli tanah yang dilakukan oleh korban bernama Agus dengan nilai Rp40 juta.

Bermula saat adanya transaksi jual beli tanah antara Agus dan rekannya Rasmadi (pemilik tanah). Pada saat transaksi tersebut, Rasmadi datang bersama pelaku. Namun, saat itu korban (Agus) belum membayar lunas.

Selanjutnya, Rasmadi memberikan surat kuasa pada pelaku untuk melakukan penagihan. Alhasil, pelaku melakukan penagihan pada korban namun, uang yang diberikan oleh korban tak diberikan pada Rasmadi.

“Jadi, saksi yakni Rasmadi ini memang meminta pelaku sebagai saksi jual beli tanah itu karena, yang diketahui oleh saksi, pelaku ini merupakan anggota kepolisian,” ujar Kapolsek Balaraja, Kompol Wendy Andrianto, Senin (16/10/2017).

Saat diketahui hal tersebut, saksi beserta koban melaporkan penipuan yang dilakukan pelaku ke Mapolsek Balaraja.

“Kami lakukan penangkapan di Balaraja. Saat ditangkap, ia mengaku anggota kepolisian namun, kami tetap membawa ke Mapolsek,” kata Wendy.

Saat dilakukan pemeriksaan, didapati kuintasi jual beli tanah, e-KTP dengan pekerjaan sebagai polisi serta, KTA anggota kepolisian.

“Selanjutnya kita geledah didapati pula baju lengkap anggota kepolisian berpangkat Kompol, satu buah senjata mainan, satu buah tanda kewenang penyidik. Itu semua didapatinya di Pasar Senen, Jakarta,” ungkapnya.

Pihak kepolisian pun melakukan pengecekan terkait kepemilikan KTA dan diketahui, KTA tersebut palsu. Petugas pun melakukan pengecekan keanggotaan di Polda Metro Jaya dan nyatanya, pelaku bukanlah anggota kepolisian.

“Pelaku ini sudah lima tahun menjadi polisi gadungan. Dan masih dalam pemeriksaan terkait, kasus apa saja yang sudah dia lakukan dengan mengaku sebagai polisi. Kami juga meminta apabila ada yang mereka menjadi korban pelaku segera datang ke Mapolsek Balaraha ataupun Polresta Tangerang,” terang Wendy.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 dan 372 dengan hukuman diatas lima tahun penjara. (ayi/red)