Polda Metro Jaya Musnahkan Narkotika Senilai Rp150 Miliar

Polda Metro Jaya Musnahkan Narkotika Senilai Rp150 Miliar, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Polda Metro Jaya Musnahkan Narkotika Senilai Rp150 Miliar, Berita714

Polda Metro Jaya Musnahkan Narkotika Senilai Rp150 Miliar, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Polda Metro Jaya Musnahkan Narkotika Senilai Rp150 Miliar, 714, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Polda Metro Jaya Musnahkan Narkotika Senilai Rp150 Miliar

polda metro jaya

TRUSTKOTACOM – Berbagai jenis narkotika hasil sitaan pengungkapan jaringan nasional dan Internasional, bulan Mei-Juni 2013, senilai Rp150 miliar, Rabu (03/07/2013) pagi, di musnahkan Polda Metro Jaya, di tempat pemusnahan, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Jenis narkotika yang dimusnahkan diantaranya, ekstasi 163.949 butir, sabu 10,3 kg, ganja 1503,6 kg, heroin 4,2 kg, ketamin 2,2 kg serta bahan sabu berbentuk cair 38,5 liter, serbuk 13,8 Kg dan kristal 14,5 kg.

“Barang bukti diamankan dari pelaku yang tergabung dalam sindikat internasional, seperti, Belanda, Iran, Meksiko, Thailand, China, Myanmar, Malaysia, Nigeria dan sindikat lokal seperti Aceh, Medan dan Jakarta. Dengan memusnahkan barang bukti ini, kita bisa menyelamatkan sekitar 7.905.506 orang,” kata Dir Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nugroho Aji.

Menurutnya, pemusnahan barang-barang haram tersebut, dilakukan pihaknya, guna menunjukan tugas polri yang transparan dan akuntabel dan membangun kepercayaan masyarakat bahwa tidak ada barang bukti yang disimpan dan menghindari penyelewengan.

“Di Indonesia kejahatan narkoba mendapat prioritas utama untuk ditindak karena bahanya-nya dapat mengancam berbagai hal seperi ekonomi dan budaya,” paparnya.

Sementara itu, Waka Polda Metro Jaya Brigjen Sudjarno mengatakan, penindakan terhadap kasus narkotika terus mengalami peningkatan, bahkan pihaknya juga rutin melakukan pemeriksaan di dalam tubuh polri sendiri.

“Meningkatnya pengungkapan ini menjadi indikasi bahwa Indonesia merupakan pangsa yang bagus bagi sindikat Internasional untuk jadi pasar narkoba. Modus operasi nya juga terus berkembang sehingga ini menjadi tantangan berat petugas untuk mengungkapnya,” terangnya.

Sudjarno menambahkan, kejahatan narkoba masuk dalam kategori kejahatan terorganisir yang telah menyebar luas di seluruh negara, bahkan masuk aparat polri.

“Di tahun 2012 kita sudah memecat 90 anggota polri dimana 50 persen diantaranya kena kasus narkoba. Ini menjadi atensi kita sehingga terus melakukan upaya preventif fan represif menanggulangi bahaya narkoba,” ungkapnya. (ges)