Pilkada Banten Rawan Konflik Tapi Sepi Bandar

Pilkada Banten Rawan Konflik Tapi Sepi Bandar, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pilkada Banten Rawan Konflik Tapi Sepi Bandar, Berita525

Pilkada Banten Rawan Konflik Tapi Sepi Bandar, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pilkada Banten Rawan Konflik Tapi Sepi Bandar, 525, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pilkada Banten Rawan Konflik Tapi Sepi Bandar

Ilustrasi
Ilustrasi

TRUSTKOTA JAKARTA- Pilkada Banten Rawan konflik namun sepi bandar. Demikian rilis yang diterima trustkota.com dari Lembaga Kajian Wisdom Institute, Rabu (31/8/2016).

“Pilkada Banten masuk sebagai tiga daerah yang rawan konflik. Tapi sepi bandar,” terang Abdul Malik Almugni, Direktur Wisdom Institute.

Menurut Abdul Malik, Bawaslu RI juga sudah merilis riset tentang sejumlah daerah rawan yang dalam Pilkada serentak 2017.

“Tapi, konflik horizontal di Banten tak sepanas di DKI Jakarta dan wilayah Jawa Timur,” ujarnya.

Menurut Malik, sejumlah kubu yang punya basis pendukung fanatik dan berseberangan pada Pilkada Banten 2012 yang lalu cenderung berkoalisi pada Pilkada 2017 mendatang.

“Yah, namanya juga politik. Selalu dinamis, tiada musuh abadi, yang ada kepentingan sejati,” tukasnya.

Kemudian kata Malik, para broker isu maupun gerakan sosial setempat, belakangan juga terlihat mencair. Karena perseteruan dan letupan konflik yang dimunculkan tak lagi berbasis fanatisme primordial, SARA, maupun ideologis.

“Kini di elit subkultur, tema diskusi siapa dapat apa? jadi lebih efektif dan massif, ketimbang siapa telah dan mau melakukan apa? ” tegasnya.

Terkait bandar di Pilkada Banten, Malik berpendapat bandar besar yang biasa bermain di berbagai Pilkada mulai limbung. Bingung memilih daerah mana yang hendak diprioritaskan buat dijadikan arena perjudian.

“Maka para local strongmen atau pialang politik lokal, lebih bebas berselancar. Jadi kalau di Banten paling-paling bandar lokal,” imbuhnya. (ara/joe)