PHK Masal, PT Sinar Antjol Didemo Buruh

PHK Masal, PT Sinar Antjol Didemo Buruh, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, PHK Masal, PT Sinar Antjol Didemo Buruh, Berita481

PHK Masal, PT Sinar Antjol Didemo Buruh, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, PHK Masal, PT Sinar Antjol Didemo Buruh, 481, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, PHK Masal, PT Sinar Antjol Didemo Buruh

Curug-20131206-00668

TRUSTKOTACOM – Ratusan buruh PT Sinar Antjol yang tergabung dalam serikat Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI), Jumat (06/12/2013), menggelar aksi unjuk rasa didepan perusahaan yang berlokasi dikawasan Industri Manis, Curug, Kabupaten Tangerang.

Aksi itu, merupakan bentuk kekecewaan mereka kepada perusahaan yang telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak dengan dalih mengundurkan diri setelah para buruh mendesak perusahaan merevisi Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan melibatkan buruh dalam pembuatannya.

“Ada 347 buruh yang di PHK sepihak, padahal yang kami tuntut selama ini hanyalah hak normatif yang tertuang dalam PKB,” kata Ketua Puk SPSI, Aris Kristianto.

Menurutnya,  para buruh sudah melakukan unjuk rasa selama 16 hari, dimana unjuk rasa pertama di lakukan pada 13-16 November 2013 lalu, dan pada 21 nya pihak menagemet PT.Sinar Antjol mem PHK 47 buruh yang kebanyakan adalah anggota serikat dengan alasan sebagai penghasut.

“Kami sudah 16 hari di melakukan aksi ini dan dalam aksi pertama sudah 47 karyawan di PHK sepihak karena di nilai menghasut,lalu di aksi ke dua ada 301 karyawan yang di PHK ,” paparnya.

Mereka juga mengancam akan terus melakukan aksi sampai tuntutannya dipenuhi manajemen yaitu pencabutan surat PHK sepihak dan pembuatan PKB yang dirumuskan bersama antara buruh dengan perusahaan.

“Saya dan teman-teman bahkan sudah banyak yang belasan tahun bekerja untuk perusahaan ini, tapi apa saat kami menuntut hak normatif dalam PKB kami malah di PHK dengan dalih mangkir kerja karena berdemo,” ujar Yadi, salah seorang buruh yang ikut dalam aksi tersebut.

Untuk diketahui gelombang pertama PHK dilakukan PT Sinar Antjol kepada 47 buruhnya pada 21 dan 22 November lalu, lalu pada 2 Desember beberapa hari lalu perusahaan kembali melakukan PHK masal 301 buruhnya. Padahal berdasarkan informasi yang didapat jumlah buruh dalam pabrik ini hanyalah 416 orang. (ges)