Percepat Perekaman e-KTP, Disdukcapil Datangi Sekolah

Percepat Perekaman e-KTP, Disdukcapil Datangi Sekolah, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Percepat Perekaman e-KTP, Disdukcapil Datangi Sekolah, Berita618

Percepat Perekaman e-KTP, Disdukcapil Datangi Sekolah, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Percepat Perekaman e-KTP, Disdukcapil Datangi Sekolah, 618, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Percepat Perekaman e-KTP, Disdukcapil Datangi Sekolah

Ilustrasi. (net)
Ilustrasi. (net)

TRUSTKOTACOM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Kota Tangerang melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, ke sekolah-sekolah SMA/SMK, baik negeri ataupun swasta yang ada di wilayah Kota Tangerang.

“Langkah ini dilakukan untuk mempercepat proses perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP,” kata Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, Raden Rina Hernaningsih, kepada wartawan, Rabu (09/10/2013).

Menurutnya, perekaman e-KTP ke sekolah-sekolah ini mengacu pada surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang memerintahkan kepada setiap Kabupaten/Kota untuk memprioritaskan perekaman e-KTP bagi warga yang berusia 15-17 tahun.

“Kami sudah melakukan perekaman kepada 50 siswa dan siswi di SMA Negeri 1 Kota Tangerang, Selasa (01/10/2013) pekan lalu, dengan menurunkan dua unit kendaraan e-KTP mobile,” terang Rina.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Kependudukan Disdukcatpil Kota Tangerang, Mulyanto mengatakan,  untuk  menjalankan program perekaman e-KTP ke sekolah-sekolah pihaknya  sudah berkordinasi dengan Dinas pendidikan Kota Tangerang.

“Kami memilih sekolah, karena lebih mudah melakukan perekaman jika dibandingkan dengan merekam di kecamatan. Selain itu sudah jelas ada orangnya,” terang Mulyanto.

Lanjut Mulyanto, pihaknya sudah mengirimkan surat dengan Nomor 471.13/2270-Dalduk/2013 yang intinya meminta kepada Dindik untuk membuatkan jadwal perekaman di sekolah-sekolah dan menghimbau setiap kepala sekolah se-Kota Tangerang, agar mengumunkan jadwal ini kepada para siswa.

“Siswa dan siswi sekolah tersebut, tidak perlu melakukan perekaman lagi, jika usianya sudah mencukupi atau usia wajib KTP. Mereka tinggal mengambilnya saja di Kecamatan dimana mereka berdomisili,” tuturnya.

Mulyanto menambahkan, ada sejumlah persyaratan yang harus dibawa oleh para pelajar agar bisa mengikuti proses perekaman. Yaitu para siswa diwajibkan membawa foto copy Kartu keluarga (KK), ijazah SMP, akte kelahiran dan bagi siswa/siswi yang menggunakan soft lens diwajibkan mencopotnya, saat proses perekaman berlangsung.

“Dindik sudah mengirimkan balasan atas surat kami dan membuat surat edaran pada Senin (07/10/2013) lalu, dengan Nomor 471.13/3386 – Dikmen, tentang jadwal kunjungan perekaman e-KTP siswa-siswi. Di dalam jadwal itu, setiap sekolah mendapat jatah 5-6 kali perekaman sesuai dengan jumlah murid,” pungkasnya. (ges)