Penyerahan Laporan BPK Pada Kabupaten Tangerang & Kota

Penyerahan Laporan BPK Pada Kabupaten Tangerang & Kota, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Penyerahan Laporan BPK Pada Kabupaten Tangerang & Kota, Berita468

Penyerahan Laporan BPK Pada Kabupaten Tangerang & Kota, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Penyerahan Laporan BPK Pada Kabupaten Tangerang & Kota, 468, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Penyerahan Laporan BPK Pada Kabupaten Tangerang & Kota

4

SERANG TRUSTKOTA - Selasa 2 Desember 2014, Pemerintahan Kabupaten Tangerang diwakili  Wakil Bupati Tangerang Menghadiri penyerahan laporan pemeriksaan pendapatan asli Daerah (PAD) Kota Tangerang serta pemeriksaan atas manajemen asset Kabupaten Tangerang oleh Badan pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Banten yang juga dihadiri pimpinan DPRD dan Wakil Walikota Tangerang.

BPK memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan pengelolaan dan tnggung jawab keuangan Negara yang terdiri atas pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu yang sesuai dengan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan pemeriksa keuangan dan Undang-undang nomor 15 Tahun 2004, terkait dengan pemeriksaan BPK telah melakukan pemeriksaan atas pelaksanaan PAD Kota Tangerang untuk tahun anggaran 2013 dan semester I Tahun Anggaran 2014, serta pemeriksaan atas manajemen asset pemerintahan Kabupaten Tangerang.

Penyerahan laporan hasil mpemeriksaan dilaksanakan hari ini (2/12/2014) dengan hasil laporan BPK Atas PAD kota Tangerang serta pemeriksaan asset Kabupaten Tangerang ialah :

Kota Tangerang
1.Pelaporan pembuatan akta atau risalah lelang perolehan Hak Atas tanah atau bangunan belum     tertib dan belum diatur dengan peraturan walikota.
2.Pemerintahan kota Tangerang belum dapat melakukan pelayanan Tera/Tera Ulang
3.Potensi pnerimaan atas Reklame yang telah habis masa izin dan yang tidak memiliki izin    pemasangan reklame sebesar Rp. 594.925.000,00 kemudian potensi denda atas ketrlambatan    pengurusan perpanjangan izin Reklame Rp. 26.033.000,00
4.Reklame yang telah habis masa izinnya dan belum ada permintaan perpanjangan dan masih    terpasang dengan potensi penerimaan pajak TA 2014 sebesar Rp. 206.550.000,00 serta potensi pengenaan denda 2% atas keterlambatan izin reklame sebesar Rp. 26.033.000,00 dan juga terdapat reklame yang tidak meiliki izin pemasangan dengan potensi pajak TA sebesar RP. 388.375.000,00.

Kabupaten Tangerang
Hasil pemeriksaan atas penatausahaan asset tetap dan diuji petik terhadap KIB Asset Tanah, KIB B asset peralatan dan mesin, KIB c Asset gedung dan bangunan pada SIMDA BMD pemerintahan Kabupaten Tangerang, data asset tetap yang disajikan dalam KIB belum sepenuhnya valid dan akurat diketahui terdapat kesalahan penatausahaan asset tetap yaitu
Kesalahan pencatatan informasi atas Aset tetap tanah, KIB c asset gedung dan bangunan, Pencatatan Asset dengan status pinjam, sewa, guna usaha dan lain-lain sehingga informasi asset tetap yang disajikan dalam KIB pemkab belum memberikan data yang andal.

Disela-sela acara ini, Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah mengutarakan. Dengan di serahkannya Laporan Hasil pemeriksaan BPK Provinsi Baten ini agar bisa menjadi acuan Pemkab Tangerang dalam pengelolaan asset agar lebih baik lagi kedepannya.

“Kami mengharapkan dengan diserahkannya LHP BPK ini bisa membuat pemkab Tangerang lebih baik lagi dalam hal management asset kedepannya,” tutur Hermansyah.

Dalam sambutannya Nazil Fikri selaku Wakil Ketua DPRD Kab. Tangerang mengharapkan agar LHP tersebut bisa membuat pemkab Tangerang dan Kota-Kota lainnya bisa membuat Laporan yang transparan dan akuntabel, dan semoga Pemkab Tangerang bisa meraih WTP kembali.

“Semoga capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) bisa dipetahankan oleh pemerintah Kabupaten Tangerang dan berdampak pada kesejahteraan Masyarakat kabupaten Tangerang.” Harap Nazil. (Bil)