Penahanan Ditangguhkan, Tumpang Dua Kali Mangkir Sidang

Penahanan Ditangguhkan, Tumpang Dua Kali Mangkir Sidang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Penahanan Ditangguhkan, Tumpang Dua Kali Mangkir Sidang, Berita814

Penahanan Ditangguhkan, Tumpang Dua Kali Mangkir Sidang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Penahanan Ditangguhkan, Tumpang Dua Kali Mangkir Sidang, 814, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Penahanan Ditangguhkan, Tumpang Dua Kali Mangkir Sidang

Trustkota.com

TRUSTKOTA TANGERANG-Mantan Kepala Desa Wanakerta Tumpang Sugian Bin Sali dua kali mangkir dari sidang penipuan dan pemalsuan Akta jual beli (AJB) tanah kepada developer. Hal itu menyusul ditangguhkan penahanannya.

“Terdakwa menjalani pengobatan, sehingga beberapa kali sempat tidak hadir dalam sidang dan terpaksa ditunda,” Kasie Pidum Kejari Tigaraksa Rustandi Gustawirya didampingi Jaksa Penuntut Umum Agus, Jum’at (23/10/2015).

Tumpang didakwa melakukan pemalsuan dan penipuan setelah terbukti memalsukan dua lembar AJB senilai Rp 400 juta. Namun lantaran Tumpang Sugian bin Sali sakit, dirinya mengajukan penangguhan penahanan kepada majelis hakim.

“Terdakwa (Tumpang,red) mengajukan penangguhan penahanan ke majelis hakim dan disetujui dengan keluarnya surat keputusan yang dilampirkan kepada kami,” ungkap Rustandi.

Rustandi menjelaskan, terhitung sejak 10 Agustus 2015 kemarin, tumpang resmi ditangguhkan penahanannya melalui penetapan penangguhan no 987/Pid.B/2015/PN Tangerang. “Tumpang sudah menjadi tahanan pengadilan, dan kami tidak memiliki kewenangan terkait penahanannya karena waktu untuk kami melakukan penahanan hanya 20 hari,” terang Rustandi.

Rustandi mengaku tidak mengetahui pasti penyakit yang diderita terdakwa. “Kita juga tidak tahu pasti penyakitnya, karena rekam medis terdakwa tidak dilampirkan dalam surat penetapan yang diberikan kepada kami. Tapi informasinya Syaraf kejepit,” terang Rustandi.

Diketahui, Mantan Kepala Desa Wanakerta Tumpang Sugian bin Sali dijerat empat pasal terkait pemalsuan AJB dengan pelapor PT Delta. Tumpang sendiri sempat ditahan di Rutan Klas 1 tangerang selama masih menjadi tahanan titipan Kejaksaan negri Tigaraksa.

Namun setelah dilimpahkan ke Pengadilan, tumpang menderita Syaraf kejepit yang mengharuskan menjalani perawatan. Tumpang sendiri dijerat dengan Pasal 378, 263, 264, 266 dengan tuntutan hukuman kurungan 5 tahun.(dra/joe)