Pemkab Lebak Canangkan Kota Bersih

Pemkab Lebak Canangkan Kota Bersih, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pemkab Lebak Canangkan Kota Bersih, Berita430

Pemkab Lebak Canangkan Kota Bersih, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pemkab Lebak Canangkan Kota Bersih, 430, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pemkab Lebak Canangkan Kota Bersih

Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya ketika menandatangani prasasti peresmian jembatan gantung semi permanen di Desa Cialngkap yang didani oleh PGN
Bupati Lebak Hj Iti Octavia Jayabaya ketika menandatangani prasasti peresmian jembatan gantung semi permanen di Desa Cialngkap yang didani oleh PGN

LEBAK TRUSTKOTA - Guna mendukung proses percepatan pembangunan di daerahnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, mencanangkan ‘Program Kota Bersih’.

“Kami berharap dengan kota bersih itu dapat mendorong kualitas kehidupan masyarakat juga meningkatkan Usia Harapan Hidup (UHH),” Ujar  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kabupaten Lebak Dedi Indepur, Senin (14/07/2014).

Pemkab Lebak, kata Dedi, akan segera mengoptimalkan melalui  kegiatan sosialisasi dan penyuluhan tentang pentingnya budaya bersih. Diantaranya, lembaga pendidikan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tokoh ulama, masyarakat dan pengusaha.

Sebab, sambung Dedi terwujudnya kota bersih itu bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah saja, namun melibatkan peran serta semua komponen masyarakat.

” Dan kami optimistis realisasi kota bersih itu, Insya Allah  bisa direalisasikan 2015 mendatang ,” katanya.

Dalam rangka mewujudkan kota bersih ini, kata Dedi,  nantinya akan dibentuk Kelompok Kerja (Pokja), mulai tingkat lingkungan warga, desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten.

Keberadaan Pokja tersebut sangat strategis karena mereka diharapkan mampu membuat program maupun gagasan yang mengarah kepada kebersihan.

“Kami minta ketua pengurus Pokja itu, nantinya bukan orang birokrasi, tetapi masyarakat dan kami akan membantu pokja itu dalam membuat rencana program kerjanya,”katanya.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, mengajak masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mendorong kualitas kehidupan masyarakat di wilayah itu.

Selama ini, PHBS relatif rendah dan perlu dibudayakan hidup bersih di lingkungan masyarakat. Sebab, kata Iti,  kebersihan lingkungan dapat mencegah berbagai penyakit menular.

” Kami yakin derajat kesehatan masyarakat terjamin jika mereka warga menjaga kebersihan lingkungan dan PHBS,” pungkasnya. (Yaris)