Pembuatan Akta Kelahiran di Kota Tangerang Tidak Lagi Melalui Sidang

Pembuatan Akta Kelahiran di Kota Tangerang Tidak Lagi Melalui Sidang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pembuatan Akta Kelahiran di Kota Tangerang Tidak Lagi Melalui Sidang, Berita765

Pembuatan Akta Kelahiran di Kota Tangerang Tidak Lagi Melalui Sidang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pembuatan Akta Kelahiran di Kota Tangerang Tidak Lagi Melalui Sidang, 765, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Pembuatan Akta Kelahiran di Kota Tangerang Tidak Lagi Melalui Sidang

Kadisdukcapil Kota Tangerang, Rina, saat konfrensi pers, Jum'at (30/05/2013)
Kadisdukcapil Kota Tangerang, Rina, saat konfrensi pers, Jum'at (30/05/2013)

TRUSTKOTACOM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), mensosialisasikan program pembuatan Akta Kelahiran bagi yang telah terlambat satu tahun, tanpa harus lagi melalui proses pengadilan.

“Dalam pembuatan Akta Kelahiran yang telah terlambat 1 tahun ke atas, kini tidak perlu lagi melalui pesidangan. Jadi pembuatannya sudah bisa hanya di Disdukcapil,” kata Kadisdukcapil Kota Tangerang, Rina, saat konfrensi pers di Rumah Makan Sederhana, Jum’at (30/05/2013).

Menurutnya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi¬† dalam permohonan pembuatan Akta Kelahiran tersebut. “Persyaratannya dengan melampirkan KTP, KK, Surat Bidan/RS, pengantar RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan serta membawa saksi dua orang,” terangnya.

Rina menambahkan, bagi pemohon yangg tidak memiliki akta nikah pun dapat membuat akta kelahiran itu dengan catatan tidak bisa diwakili atau dikuasakan.

“Bisa, tapi dalam akte kelahiran itu sianak dari ibunya saja. Jadi kerugiannya adalah tidak bisa tercantum dalam hak waris atau sejenisnya,” pungkasnya. (ges)