Parpol Protes KPUD Soal Jadwal Pemilukada

Parpol Protes KPUD Soal Jadwal Pemilukada, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Parpol Protes KPUD Soal Jadwal Pemilukada, Berita278

Parpol Protes KPUD Soal Jadwal Pemilukada, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Parpol Protes KPUD Soal Jadwal Pemilukada, 278, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Parpol Protes KPUD Soal Jadwal Pemilukada

Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU)
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU)

TRUSTKOTACOM – Sejumlah Partai Politik (Parpol) di Kota Tangerang memprotes pernyataan Komisi Pemilihan Umum Daerah  (KPUD), yang menyatakan jadwal Pemilihan Umum Kepala Daerah (KPUD) Kota Tangerang dimajukan menjadi 13 Juli 2013. Sebelumnya, KPUD menjadwalkan Pemilukada Kota Tangerang pada bulan September 2013.

“Sebagai lembaga penyelengara Pemilukada, KPUD tidak bisa serta merta menjadwalkan Pemilukada tanpa melakukan konsultasi ke partai politik (Parpol),” kata Hendri Zein, SE, Ketua DPC Partai PDI-Perjuangan, Kota Tangerang.

Menurut Hendri Zein, KPUD harus melibatkan parpol, karena parpol adalah peserta dari Pemilukada. Anehnya, kata Hendri Zein, sampai saat ini belum ada konsultasi dari KPUD kepada Parpol membahas mengenai jadwal Pemilukada.

“Jika KPUD tidak koordinasi soal jadwal Pemilukada dan semena-mena menetapkan jadwal Pemilukada,  berarti ada indikasi KPUD berpihak kepada persiapan salah satu calon walikota,” tegas Hendri Zein.

Jika KPUD menetapkan Pemilukada Pada bulan Juli, tambah Hendri Zein , sangat tidak mungkin. Waktu empat bulan tidak akan cukup mensosialisasikan calon walikota. Tak hanya itu, menurut Hendri, Pemilukada bulan Juli juga sangat tidak efektif karena masuk di bulan suci ramdhan.

“Penjaringan calon yang kita lakukan saja memakan waktu yang cukup lama, karena kita ingin pemipin bukan pemimpi. Jadi PDI-Perjuangan tidak setuju dan protes jika KPUD memajukan jadwal Pemilukada di bulan Juli. Masa jabatan walikota saat ini saja habis pada bulan September 2013,” tegas Hendri Zein.

Protes jadwal Pemilukada yang akan di majukan oleh KPUD juga dilontarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Suratno Abubakar. Menurut Suratno, sangat tidak mungkin jika pelaksanaan Pemilukada di bulan Juli. Menghadapi Pemilukada, parpol butuh persiapan untuk sosialisasi calon yang akan diusungnya.

“Tidak mungkin kalau jadwal Pemilukada di majukan. Kalau di mundurkan itu mungkin. Saya setuju dengan PDI-Perjuangan jika mengenai jadwal Pemilukada Kota Tangerang itu dibicarakan KPUD bersama parpol-parpol di Kota Tangerang,” katanya. (ges)

HipnoGasm 250 x 250

Berita Terkait