NasDem Bolos Paripurna, BK Dewan Tak Berdaya

NasDem Bolos Paripurna, BK Dewan Tak Berdaya, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, NasDem Bolos Paripurna, BK Dewan Tak Berdaya, Berita975

NasDem Bolos Paripurna, BK Dewan Tak Berdaya, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, NasDem Bolos Paripurna, BK Dewan Tak Berdaya, 975, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, NasDem Bolos Paripurna, BK Dewan Tak Berdaya

Rapat paripurna pemandangan umum fraksi tentang APBD-P, 5 Agustus 2015 yang lalu Fraksi NasDem tidak tampak (Foto: Cuni HR/TrustKota.Com)
Rapat paripurna pemandangan umum fraksi tentang APBD-P, 5 Agustus 2015 yang lalu Fraksi NasDem tidak tampak (Foto: Cuni HR/TrustKota.Com)

TRUSTKOTA TANGERANG-Aksi Fraksi NasDem ‘bolos’ paripurna terkesan dibiarkan. Pasalnya, Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Tangerang tidak memberikan sanksi tegas.

Ketua BK DPRD Kabupaten Tangerang H. Sumardi mengungkapkan, pada Paripurna Tentang APBD Perubahan 2015, Fraksi NasDem tidak membacakan pemandangan umum fraksi. “Tidak ada sanksi dan pemanggilan kepada anggota Fraksi NasDem. Itu semua hanya soal komunikasi saja,” ujar Sumardi, Ketua BK Dewan kepada TrustKota.Com, Rabu (12/8/2015).

Menurut Sumardi, ketidakhadiran Fraksi NasDem, karena soal komunikasi saja. Sebab, mereka tidak memberikan info terkait ketidakhadiran. “Katanya ada yang sakit, latihan manasik haji dan ada acara di Jakarta,” terang Sumardi.

Terkait beberapa anggota dewan dari fraksi Gerindra, Demokrat, PDIP dan PKB yang juga tidak hadir, lagi-lagi Politisi Golkar ini mengatakan tidak ada yang perlu peneguran. “Saya harap ke dapan anggota dewan yang tidak hadir paripurna bisa memberi tahu pimpinan dan anggota BK,” harapnya.

Terpisah, Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), Memed Chumaedi mengatakan, selama ini BK dewan masih lemah dan jauh dr harapan publik. “Padahal, posisi BK Dewan merupakan Propam ataa Provosnya DPRD yang mengawal prilaku anggota. Agar lebih menjaga martabat selaku wakil rakyat,” kata Memed.

Lanjut Memed, Anggota BK Dewan harusnya memanggil seluruh anggota Fraksi NasDem dan memberikan sanksi. Selain itu, Partai yang menaungi anggota dewan tersebut harus memberikan teguran keras. “Agar dievaluasi supaya taat aturan main sebagai kader partai dan pejabat negara,” tandas Memed.

Diketahui, anggota Fraksi NasDem yang bolos pada Rapat Paripurna 5 Agustus 2015 yang lalu yakni The Peng Liang, Uswatun Hasanah, Mokhamad Nur dan Haeirul Ihwan.

Anggota dewan lainnya yang tak tampak yakni Fraksi Gerindra; Imam Turmudzi, Jayusman dan Rijcki Gilang Sumantri. Selain itu, Fraksi Demokrat; Napsin dan Aida Hubaedah, serta Fraksi PKB Juned Sanim dan anggota Fraksi PDIP HM. Supriyadi. (Joe)