Meriahkan HUT RI ke 72, Kecamatan Benda Gelar Lomba Memandikan Jenazah

Meriahkan HUT RI ke 72, Kecamatan Benda Gelar Lomba Memandikan Jenazah, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Meriahkan HUT RI ke 72, Kecamatan Benda Gelar Lomba Memandikan Jenazah, Berita864

Lomba memandikan jenazah di Kota Tangerang (Sintia/Trustkota.com)
Lomba memandikan jenazah di Kota Tangerang (Sintia/Trustkota.com)

TRUSTKOTA TANGERANG- Berbagai cara unik dilakukan oleh warga dalam merayakan kemerdekaan Indonesia ke 72. Salah satunya adalah Kecamatan Benda, Kota Tangerang yang menggelar lomba memandikan jenazah.

Camat Benda, Teddy Roestendi P mengatakan lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian perayaan kemerdekaan Indonesia dalam mempersiapkan generasi amil (orang yang memandikan jenazah) di masa mendatang.

“Saat ini amil banyak yang sudah sepuh, banyak anak muda nggak tau caranya dan seringkali kita kesulitan mencari amil saat ada warga yang meninggal. Oleh karenanya kita adakan lomba ini,” ujar Teddy di kantor Kecamatan Benda Jalan Husein Sastranegara Kota Tangerang, Selasa (29/8/2017).

Sebelum lomba tersebut dimulai, para peserta terlebih dahulu dibekali dengan pengetahuan cara memandikan sampai mengkafani jenazah.

Lomba tersebut diikuti oleh 10 orang peserta yang mewakili dari tiap kelurahan. Teddy menyebut, para peserta tersebut diharapkan dapat menjadi perwakilan dari tiap kelurahan dalam membantu menangani jenazah di lingkungan sekitarnya.

“Untuk awal ini, dari total lima kelurahan tiap kelurahan mengirim dua orang peserta untu ikut lomba. Sengaja dibatasi karena keterbatasan waktu, satu peserta membutuhkan waktu paling cepat 30 menit,” jelasnya.

Sementara itu, juri lomba memandikan jenazah, Ridwan mengatakan ada empat indikator penilaian dalam lomba tersebut.

“Yang dinilai adalah cara membaca doa, cara memandikan yang tertib, membersihkan kotoran, mewudhukan, dan prosesi mengkafani jenazah. Sehingga para peserta dapat menangani jenazah dengan baik dan tertib,” pungkasnya. (chy/red)