Menjelang Ramadhan, Warga Tangerang Gelar Ritual Keramas

Menjelang Ramadhan, Warga Tangerang Gelar Ritual Keramas, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Menjelang Ramadhan, Warga Tangerang Gelar Ritual Keramas, Berita663

Menjelang Ramadhan, Warga Tangerang Gelar Ritual Keramas, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Menjelang Ramadhan, Warga Tangerang Gelar Ritual Keramas, 663, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Menjelang Ramadhan, Warga Tangerang Gelar Ritual Keramas

Ratusan warga babakan, Kota Tangerang, saat ritual mandi keramas di sungai Cisadane.
Ratusan warga babakan, Kota Tangerang, saat ritual mandi keramas di sungai Cisadane.

TRUSTKOTACOM – Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan, ratusan warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Senin (08/07/2013) sore, nampak menggelar ritual mandi keramas di Sungai Cisadane, Jalan Perintis Kemerdekaan. Ritual tersebut merupakan kegiatan tradisi tahunan yang telah berlangsung sejak lama.

“Acara ini telah dilakukan warga turun temurun. Yakni dalam rangka pembersihan diri, badan, pakaian serta tempat, menjelang datangnya bulan puasa. Selain untuk mensucikan diri, ritual ini juga dapat menjadi pesan moral bagi pengusaha, agar tidak membuang limbah kesungai. Karena manfaat sungai ini masih ada, seperti untuk minum dan mandi, jadi jangan sampai dikotori,” kata Lurah Babakan Abu Sofyan kepada wartawan.

Menurutnya, pemerintah juga harus ikut serta dalam mempertahankan ritual ini sebagai aset adat kebudayaan khas kota. “Kami harap pemerintah juga ikutserta dalam menjaga keasrian sungai, dengan menjaga sungai dari limbah. Mudah-mudahan tahun depan bisa dilaksanakan lagi dan puasa kita lancar dan mendapat berkah,” pungkasnya.

Sementara, Nuriman (30), warga yang ikut dalam ritual tersebut mengatakan, dirinya rutin mengikuti acara itu setiap tahunnya bersama kerabat serta keluarga, dengan tujuan mendapatkan keberkahan dalam menjalankan puasa nanti.

“Saya rutin bersama teman dan keluarga mengikuti mandi keramas ini. Sebab, sudah menjadi tradisi turun temurun, agar mendapat berkah di bulan puasa nanti,” katanya. (ges)