Mendagri Didesak Segera Lantik Bupati Lebak Terpilih

Mendagri Didesak Segera Lantik Bupati Lebak Terpilih, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Mendagri Didesak Segera Lantik Bupati Lebak Terpilih, Berita491

Mendagri Didesak Segera Lantik Bupati Lebak Terpilih, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Mendagri Didesak Segera Lantik Bupati Lebak Terpilih, 491, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Mendagri Didesak Segera Lantik Bupati Lebak Terpilih

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lebak Iti-Ade, saat deklarasi.
Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lebak Iti-Ade, saat deklarasi.

TRUSTKOTACOM-Sejumlah politis mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar secepatnya menerbitkan SK pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lebak. Seperti diketahui, Pemilukada Lebak 2013-2018 dimenangkan oleh pasangan Hj.Iti Octavia Jayabaya-H.Ade Sumardi (IDE).

Desakan tersebut terkait adanya putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK), yang mengesahkan pasangan Hj.Iti Octavia Jayabaya-H.Ade Sumardi (IDE) sebagai bupati-wakil bupati terpilih Kabupaten Lebak 2013-2018.

“Mentri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi agar segera menandatangani surat keputusan SK pelantikan bupati terpilih Kabupaten Lebak, yang berkasnya sudah ada di meja Mendagri,” kata H.Abdurachman,¬† anggota Komite I bidang pemerintahan dan Otda, DPD RI asal Banten, didampingi staf ahlinya Dana Herdiansah pada wartawan , Minggu (29/12/2013), melalui telephone genggamnya.

Menurutnya, mendagri harus memperhatikan sisi kepentingan rakyat Lebak, khususnya program, dan roda poemerintahan Lebak,  di awal Janurari 2014, harus berjalan. Kata, Abdurachman, Mendagri tidak boleh lambat menandatangani SK pelantikan bupati-wakil bupati Lebak. Jika lambat, akan berpengaruh pada program pembangunan, dimana perda APBD Lebak 2014, belum ditandatangani bupati terpilih.

“Agar program pembangunan berjalan lancar, atas nama anggota DPD RI, saya minta Mendagri agar segera meneken SK pelantikan bupati Lebak,”katanya.

Hal senada dikatakan  Dana Herdiansah. Menurutnnya, Mendagri harus melaksanakan amanahnya untuk menandatangani SK pelantikan bupati Lebak. Jika SK pelantikan lambat, maka akan berimbas kepada program , dan anggaran daerah.

“Kasihan aparatur, khususnya pegawai. Mereka bisa tidak menerima gaji di awal Januari 2014, mengingat belum ada bupati definitif. Anggaran 2014 tidak dapat ditarik oleh Plh, karena Plh tak memiliki wewenang mengeluarkan kebijakan berhubungan dengan anggaran. Anggaran dapat ditarik oleh bupati definitif untuk kepentingan pembangunan, dan jalannya roda pemerintahan,”kata Dana.

Sementara itu Redy Jajuli pengamat politik Kabupaten Lebak mengatakan, perlunya mendagri segera menandatangani SK pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lebak terpilih ini, agar roda pemerintahan segera berjalan optimal.

“Jika sudah seperti itu, tentunya yang rugi masyarakat. Karena itu mendagri harus segera menandatangani sk pelantikan bupati dan wakil bupati Lebak terpilih tersebut,” katanya.(yaris)