Masyarakat Lebak Diminta Peduli Kebersihan

Masyarakat Lebak Diminta Peduli Kebersihan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Masyarakat Lebak Diminta Peduli Kebersihan, Berita474

Masyarakat Lebak Diminta Peduli Kebersihan, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Masyarakat Lebak Diminta Peduli Kebersihan, 474, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Masyarakat Lebak Diminta Peduli Kebersihan

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya

LEBAK,TRUSTKOTA- Masyarakat diminta jaga kebersihan lingkungan, Karena kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisah dari kehidupan manusia dan merupakan unsur fundamental dalam llmu kesehatan pencegahan.

“Kita harus menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Program Lebak sehat ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman,” Ujar Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Rabu (11/2/2015)

Menurut Bupati Lebak kebersihan merupakan cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebas dari segala kotoran, penyakit, dan lain-lain yang dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku lingkungan masyarakat.

Sebagaimana diketahui bahwa kehidupan manusia sendiri tidak bisa dipisahkan baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Maka sebagai individu harusnya semua aspek yang ada dalam masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan.

Karena tanpa lingkungan yang bersih setiap individu maupun masyarakat akan mengalami kerugian seperti gangguan kesehatan. Kesehatan itu begitu mahal harganya. Sehingga semuanya harus diolah dengan baik.

Lingkungan yang kotor berarti penganggu kesehatan yang juga berarti membuat bibit penyakit. Namun segala sesuatu ada kata perubahan. Hanya saja dalam segala persoalan-persoalan, semua ini tidak dapat dijalankan tanpa sebuah kesadaran dari setiap individu maupun kelompok masyarakat untuk menjaga kebersihan.

“Bila sudah terbiasa menjaga kebersihan maka jika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah di sekitarnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Lebak Uus Sutisna Kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya masih harus ditingkatkan.

“Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan setiap tahunnya selalu meningkat dan mengakibatkan keadaan yang merugikan seperti banyaknya sampah yang menumpuk. Untuk itu kepedulian masyarakat sangat dibutuhkan tidak hanya pemerintah setempat yang harus menanggungnya,” Katanya

Selain itu, Uus juga menjelaskan bahwa kesadaran adalah proses yang diawali dari adanya rasa memiliki atau sense of belonging. Rasa memiliki lingkungan sekitar akan memicu rasa tanggung jawab atau sense of responsibility.

“Rasa tanggung jawab ini akan menghasilkan kesadaran warga bahwa tugas untuk menjaga lingkungan bukan hanya kewajiban pemerintah saja tapi juga warganya,”pimtanya.

Sementara itu, menurut Kabag Humas dan Komunikasi Setda Lebak Apip Apriyadi Rafiudin, pemerintah sudah berupaya untuk selalu siap siaga apabila menghadapi musim hujan. Apip juga menyayangkan karena di beberapa tempat masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan.

“Cobalah kita lihat sungai kotor dan penuh sampah, di pinggiran jalanpun banyak tumpukan-tumpukan sampah bahkan ada yang sampai menutupi gorong-gorong,” Katanya.

“Hal ini harus kita sadari bersama supaya tidak saling menyalahkan antara pemerintah sebagai pengelola lingkungan melayani kepentingan masyarakat dan masyarakat itu sendiri yang tingkat kesadaran dalam menjaga lingkungannya masih minim,” Kata Apip diruang kerjanya.

Untuk itu, lanjutnya, marilah kita sama-sama menjaga segala fasilitas umum yang tersedia dan juga turut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta suasana yang aman dan nyaman terhindar dari segala bencana yang disebabkan oleh lingkungan kotor terlebih dimusim penghujan ini.

“Kesadaran dan kepedulian masyarakat yang sangat diharapkan, dan juga peran pemerintah yang terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk memberikan informasi yang tepat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,”  Katanya. (Riz)