Masyarakat Diminta Jaga Kearifan Lokal dan Lestarikan Budaya

Masyarakat Diminta Jaga Kearifan Lokal dan Lestarikan Budaya, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Masyarakat Diminta Jaga Kearifan Lokal dan Lestarikan Budaya, Berita524

Masyarakat Diminta Jaga Kearifan Lokal dan Lestarikan Budaya, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Masyarakat Diminta Jaga Kearifan Lokal dan Lestarikan Budaya, 524, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Masyarakat Diminta Jaga Kearifan Lokal dan Lestarikan Budaya

Seba Baduy
Seba Baduy

LEBAK,TRUSTKOTA- Bupati Lebak Iti Octvia Jayabaya meminta masyarakatnya untuk menjaga dan melestarikan budaya yang ada di wilayah  Kabupaten setempat. Salah satunya yaitu, adat budaya suku Baduy. Selain itu, Bupati juga meminta warga Lebak untuk bisa menjaga kearifan lokal dan menjunjung tinggi adat  istiadat yang telah ada.

“Kita tahu Kabupaten kita ini merupakan daerah yang kaya akan budaya, untuk itu maka kita harus sama-sama menjaga dan melestarikannya. Termasuk adat istiadat suku Baduy ini, Karena Baduy merupakan aset budaya bangsa yang harus dijaga oleh kita bersama”, Ujar Iti Octavia Jayabaya ketika menerima sekitar 2000 Warga Baduy padaa acara Seba Baduy 2015, di Aula Pendopo Pemkab Lebak.‎

Jaro Dainah memaparkan, bahwa mereka sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah‎,khususnya Bupati Lebak yang ‎telah membantu dan mendukung mereka dalam berbagai hal, baik pertanian, perkebunan dan lain-lain

‎Hanya saja, kata Dainah pihaknya ‎berharap adany‎ perbaikan jalan/ akses menuju daerah mereka, membuka lahan pertanian, juga membantu memasarkan hasil kerajinan mereka.

“Kami hanya berharap semoga pemerintah bias membantu untuk membuka lahan pertanian, memperbaiki jalan ke wilayah kami, juga membantu memasarkan hasil kerajinan kami agar bias meningkatkan perekonomian kami”. Katanya.

Sementara itu, Kabag Humass Pemkab Lebak Apip mengatakan, meski pada acara seba Baduy ini hujan mengguyur kota Rangkasbitung. Namun tidak menyurutkan ssemaangat  warga Suku Baduy dalam melaksanakan kegiatan yang sudah menjadi rutin tahunan wargga Suku Baduy. Tujuanya, kata Apip, tidak lain untuk silaturahmi, bertemu dan menyerahkan hasil bumi mereka kepada Bupati Lebak (Ibu Gede) Hj Iti Octavia Jayabaya,sebagai tanda syukur mereka atas perlindungan dari pemerintah kepada suku Baduy.

Ribuan masyarakat suku Baduy ini datang ke Pendopo dalam rangka Seba Gede yang bertepatan dengan hari Kawalu, yaitu tanggal 2 Safar menurut penanggalan suku mereka.

” Acara ini merupakan bentuk rasa syukur mereka kepada pemerintah yang telah membantu dan mendukung mereka dalam bidang pertanian, perkebunan, perekonomian, juga kelestarian lingkungan.” Katanya.

Dari ribuan warga Baduy yang hadir, sambung Apip ada sebagian yang merupakan warga Baduy dalam dengan bercirikan pakaiannya yang berwarna putih-putih yaitu sebanyak 73 orang, sedangkan untuk warga Baduy Luar mengenakan pakaian hitam-hitam.

“warga Baduy diterima Bupati Lebak di pendopo, Jum,at (24/4/2015) sekitar pukul 20.00 Wib. Yang dihadiri oleh wakil Bupati Lebak, Muspida, dan  sejumlah pejabat di lingkungan Penmkab Lebak. Pada kesempatan ini juga ditampilkan g‎rup kesenian Piksi Mini Bahasa Sunda dan layar tancap.” Pungkasnya, Minggu (26/4/2015). (Riz)