Mahasiswa Menilai Sosialisasi KPUD Tidak Tepat Sasaran

Mahasiswa Menilai Sosialisasi KPUD Tidak Tepat Sasaran, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Mahasiswa Menilai Sosialisasi KPUD Tidak Tepat Sasaran, Berita208

Mahasiswa Menilai Sosialisasi KPUD Tidak Tepat Sasaran, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Mahasiswa Menilai Sosialisasi KPUD Tidak Tepat Sasaran, 208, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Mahasiswa Menilai Sosialisasi KPUD Tidak Tepat Sasaran

Debat demokrasi mahasiswa yang diselengarakan KPUD Kabupaten Tangerang
Debat demokrasi mahasiswa yang diselengarakan KPUD Kabupaten Tangerang

TRUSTKOTACOM- Sosialisasi pemilukada yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Tangerang dinilai tidak tepat sasaran. Debat demokrasi antar mahasiswa yang yang digelar oleh KPU Kabupaten Tangerang di Kampus Universitas Pramita, Kecamatan Binong dinilai tidak mensosialisasikan pelaksanaan pemilukada.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT) Rudi Setiawan mengatakan, sosialisasi seperti itu tidak langsung mengarah kepada para calon pemilih. Padahal saat ini masih banyak masyarakat Kabupaten Tangerang yang belum tahu pelaksanaan pemilukada.

” Sosialisai seperti ini tidak tepat, sosialisasi lebih penting dilakukan langsung kepada masyarakat pemilih,” kata Rudi, usai mengikuti diskusi demokrasi, Kamis (29/11/2012).

Menurutnya, sosialisasi kepada BEM dari beberapa kampus yang ada di Kota dan Kabupaten Tangerang itu tidak tepat, karena mayoritas pengurus BEM yang hadir dalam acara itu adalah masyarakat Kota Tangerang yang tidak mempunyai hak pilih. Selain itu, peserta yang hadir sangat sedikit dan juga tema yang diangkat tidak mengarah kepada pemilukada. Memang, lanjut Rudi, secara akademisi, diskusi demokrasi seperti ini bisa mendidik para mahasiswa untuk lebih memahami politik.

” Memang benar diskusi ini bisa menambah wawasan kami, tapi untuk momen pemilukada, tidak ada pesan yang disampaikan secara langsung untuk partisipasi aktif masyarakat,” tambah Rudi.

Ketua pokja sosialisasi pemilukada KPU Kabupaten Tangerang Ade Awaludin mengatakan, diskusi demokrasi dengan peserta para pengurus BEM kampus di Tangerang ini, justru menjadi media untuk menyampaikan pesan pemilukada kepada para mahasiswa.

” Kita berharap pengurus BEM dapat menyampaikan kepada rekan-rekan se kampusnya untuk berpartisipasi dalam pemilukada Kabupaten Tangerang,” kata Ade.

Menurut Ade, sosialisasi yang dilakukan KPU, tidak secara monoton melalui ceramah, tapi mahasiswa dituntut lebih aktif dalam mengungkapkan pendapatnya soal politik praktis yang ada saat ini.

” Kita harus lebih proaktif. Salah satu sesi yang kita buka, yakni memilih itu bukan hanya hak masyarakat, tapi merupakan kewajiban untuk menentukan pilihannya,” ucapnya.

Debat demokrasi antar mahasiswa yang yang digelar oleh KPU Kabupaten Tangerang di Kampus Universitas Pramita, Kecamatan Binong dihadiri sekitar 36 peserta perwakilan dari UMT, UNIS dan Pramita. (cun)