LSM Wajib Lindungi Masyarakat

Imam Darmadi Walikota Lira Tangsel
Imam Darmadi Walikota Lira Tangsel

Saat ini Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) makin menjamur. Dalam perkembangannya, penting bagi LSM tersebut tampil mengayomi dan memberi bantuan kepada masyarakat sesuai dengan tujuan dibentuknya LSM tersebut. Setidaknya itu yang diutarakan pria yang menjabat sebagai Walikota Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Tangerang Selatan ini.

Menurut Imam Darmadi, semua LSM harus mampu memberikan perlindungan dan mengayomi masyarakat sesuai fungsi dibentuk LSM. Salah satunya adalah membantu menyelesaikan permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat.

Mulai dari konflik antarmasyarakat, konflik antar masyarakat dengan kebijakan pemerintah, hingga konflik sosial yang ditimbulkan oleh sentuhan-sentuhan modernisasi pihak luar.

“Seharusnya LSM bisa menjadi salah satu tempat pengaduan masyakarat. LSM juga berkewajiban untuk menyalurkan aspirasi masyarakat ke pihak-pihak terkait, tentunya sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar pria bersuara parau ini.

Baginya, sangat tidak tepat bila kedapatan LSM melakukan tindakan-tindakan yang bersifat arogan dan merugikan. Sebagai sebuah lembaga kemasyarakatan, sudah seharusnya LSM memperhatikan dan membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat, baik yang berupa aduan atau fenomena sosial yang tak terhiraukan.(Shn)