LPA Banten Ingatkan Dinsos Tangerang Soal Aturan Adopsi

LPA Banten Ingatkan Dinsos Tangerang Soal Aturan Adopsi, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, LPA Banten Ingatkan Dinsos Tangerang Soal Aturan Adopsi, Berita748

LPA Banten Ingatkan Dinsos Tangerang Soal Aturan Adopsi, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, LPA Banten Ingatkan Dinsos Tangerang Soal Aturan Adopsi, 748, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, LPA Banten Ingatkan Dinsos Tangerang Soal Aturan Adopsi

Iip Syafruddin, Ketua LPA Provinsi Banten -Trustkota.com
Iip Syafruddin, Ketua LPA Provinsi Banten -Trustkota.com

TRUSTKOTA SERANG–Lembaga Perlidungan Anak (LPA) Provinsi Banten menanggapi, banyaknya Calon Orang Tua Asuh (COTA) yang hendak mengincar bayi yang ditemukan di Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang sebagai Calon Anak Asuh (CAA).

“Proses perizinan dan pengangkatan anak atau adopsi diatur dalam Peraturan Menteri Sosial nomor 110 2009 Tentang Persyaratan Pengangkatan Anak,” ujar Iip Syafruddin, Ketua LPA Provinsi Banten kepada Trustkota.com, Sabtu (19/9/2015).

Menurut Iip, di Provinsi Banten sudah ada tim Pertimbangan Perizinan Pengangkatan Anak (PIPA) atas SK Gubernur tahun 2013 lalu. “Muara dari proses legalitas adopsi adalah sesuai dengan putusan pengadilan, ” kata Iip.

Pria yang akrab dipanggil Ipank ini menuturkan, langkah pihak Polsek Cisoka, Polresta Tangerang sudah tepat dengan segera menyerahkan bayi penemuan itu ke pihak Dinas Sosial (Dinsos) setempat. “Dinsos Kabupaten Tangerang harus secepatnya menerjunkan pekerja sosialnya untuk mengassesment, baik bayi nya dan para COTA nya,” kata Ipank.

Setelah data di dapat, Lanjut Ipank, LPA yang juga anggota tim PIPA Banten akan melakukan sidang tim PIPA untuk mengambil persetujuan siapa COTA paling berhak. “Lalu diserahkan kepada pengadilan setempat untuk diputuskan dan dikeluarkan putusan hukumnya,” tandasnya.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Cisoka Ipda Nurjaman menyayangkan atas sikap Dinsos Kabupaten Tangerang yang terkesan pasif. “Seharusnya mereka (Dinsos, red) bisa jemput bola,” tandasnya. (dra/joe)