Lima Calon Pimpinan DPRD Banten Disiapkan Partai

Lima Calon Pimpinan DPRD Banten Disiapkan Partai, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Lima Calon Pimpinan DPRD Banten Disiapkan Partai, Berita229

Lima Calon Pimpinan DPRD Banten Disiapkan Partai, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Lima Calon Pimpinan DPRD Banten Disiapkan Partai, 229, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Lima Calon Pimpinan DPRD Banten Disiapkan Partai

Gedung DPRD Provinsi Banten.
Gedung DPRD Provinsi Banten.

TRUSTKOTACOM SERANG- Setelah penetapan kursi DPRD Provinsi Banten, telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Provinsi Banten, lima Partai Politik (Parpol), tengah menyiapkan kadernya untuk duduk sebagai pimpinan DPRD Provinsi Banten. Seperti diketahui ada lima partai yang meraih kursi terbanyak di Provinsi Banten dalam  Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April 2014 lalu.

Kelima parpol yang unggul dalam perolehan suara di Banten yakni PDI Perjuangan  sebesar 842.690 suara dengan meraih 15 kursi dan sebagai pemenang jatah kursi Ketua DPRD Provinsi Banten.

Selanjutnya, diposisi kedua, wakil pimpinan DPRD Provinsi Banten akan diisi oleh Partai Golkar yang meraih 808.902 suara dengan 15 kursi, disusul Gerindra yang meraih 10 kursi dengan memperoleh 576.193 suara, kemudian Partai Demokrat dengan 8 kursi dengan memperoleh 474.996 suara, PPP meraih 8 kursi dengan perolehan suara mencapai 394.543 suara.

Plh Ketua DPD PDIP Banten Ribka Tjiptaning menyatakan, pihaknya akan lakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada seluruh Caleg PDI P yang terpilih menjadi Anggota DPRD Banten.

“Semua memiliki kesempatan yang sama. Nanti kami akan lakukan uji kelayakan dan kepatutan. Tim akan dibentuk dari DPD Banten dan DPP,” kata Ribka.

Wakil Sekretaris DPD Golkar Banten Fitron Nur Ikhsan mengaku pengurus DPD Golkar Banten belum melakukan pembahasan soal mekanisme penunjukkan pimpinan DPRD Banten. Meski demikian, ia mengaku partainya dalam waktu dekat akan membahasnya.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan. Sekarang kan baru saja selesai pemantauan perolehan suara dan diplenokan oleh KPU Banten,” katanya.

Ketua DPW PPP Provinsi Banten Mardiono mengatakan, dalam waktu dekat partainya akan mengumpulkan para caleg terpilih untuk dilakukan uji kompetensi.

Menurutnya, delapan caleg yang terpilih dari PPP merupakan para politisi senior dan pejabat struktural partai diantarnya,  Yayat Supriyatna menjabat selaku Sekjen DPW PPP Banten, HM Sayuti Wakil Ketua DPW PPP Banten Hadi Safari salah satu Ketua DPW PPP Banten, Achmad Kurtubi Su’ud yang saat ini menjabat Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Tangerang, Iskandar Ketua PPP Kota Tangerang, Ahmad Fauzi Ketua DPC PPP Kota Tangsel, Muflikhah Wakil Sekertaris DPW PPP Banten dan Sekrtetaris Fraksi PPP DPRD Banten.

“Nama terakhir ada Adde Yuliasih meskipun baru bergabung dengan PPP, yang semula dari PKPB. Beliau juga merupakan politisi berpengalaman,” katanya.

Sekjen DPD Gerindra Provinsi Banten Sofwan Harris mengatakan, mekanisme pengusulan kursi pimpinan maupun alat kelengkapan DPRD dilakukan melalui rapat pimpinan di DPD Banten.

Sebelum Rapim, menurut Anggota DPRD Kabupaten Serang ini, pihaknya akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terlebih dahulu. “Hasil rapim akan dikeluarkan rekomendasi dan disahkan oleh DPP,” jelasnya.

Pada prinsipnya menurut Sofwan, semua yang terpilih memiliki peluang yang sama. “Nanti tinggal dilihat dari berbagai aspek baik kompetensi, kapabilitas, dan kemampuan lain,” jelasnya.

Pernyataan singkat disampaikan Sekretaris DPD Demokrat Banten Media Warman. Ia mengaku, partainya belum menyiapkan siapa kadernya yang akan duduk menjadi pimpinan DPRD Banten nanti. “Kami belum membahas soal itu,” ujarnya singkat. (Mb/Qy)