LBH Ansor Banten Buka Posko Pengaduan Covid-19, Bagi Buruh

LBH Ansor Banten Buka Posko Pengaduan Covid-19, Bagi Buruh, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, LBH Ansor Banten Buka Posko Pengaduan Covid-19, Bagi Buruh, Berita163

Nomor layanan  Posko pengaduan Covid 19.(ist)

 

TRUST TANGERANG – Merespon dampak sosial dan ekonomi akibat pendemi Covid-19, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Banten membuka posko pengaduan Buruh. Demikian disampaikan Ketua LBH Ansor Alfin Putrawan.

“Dampak Pendemi Covid 19 sangat berpotensi menggangu industri dan pelaku usaha, akibatnya gelombang PHK atau setidaknya perusahaan meliburkan buruh tentu sangat besar. Hal ini menjadi landasan utama mengapa posko itu dibentuk”. Papar Alfin, Kamis (9/4/2020).

Menurut Alco sapaan akrab Alfin, kehadiran posko pengaduan terdampak Covid-19 ini sebagai ikhtiar LBH GP Ansor Banten untuk membantu masyarakat terdampak, terutama buruh pabrik.

“Kita ingin agar buruh atau pekerja yang terdampak dapat terdata dengan baik, selanjutnya data tersebut akan kita sampaikan kepada pihak terkait sebagai acuan dalam mengambil kebijakan”, ujarnya.

Pengacara Muda ini juga menjelaskan bahwa mekanisme aduan saat ini menggunakan pola aduan online.

” kami buka aduan online melalui _google form_ di https://bit.ly/FormAduanBuruh-Covid19
Dan Call centre di 0813-1094-7958 (khusus WA) dan 0813-1094-7958 (untuk TLP), ” jelas Alfin.

Hal senada disampaikan Sekretaris GP Ansor Banten Khoirun Huda, menurutnya, dampak pandemi Covid-19 akan sangat besar, sehingga seluruh elemen perlu hadir sebuah wadah yang bisa menjadi penyambung lidah masyarakat. Terutama buruh pabrik dan usaha kecil.

Dengan posko aduan ini, lanjut Huda, setidaknya akan mendata sekaligus memberikan masukan kepada pemerintah tentang program dan arah kebijakan yang akan dilaksanakan.

“Setahu kami saat ini Pemerintah pusat maupun daerah sedang mempersiapkan jaring pengaman sosial, kami agar nantinya tidak ada double bantuan, jangan sampai karena lemahnya data ada masyarakat atau buruh terdampak yang justru tidak mendapatkan, sementara yang lain malah dapatnya double “, papar Huda.

Disisi lain, Huda mengaku saat ini GP Ansor Banten telah membuat dua Satuan tugas untuk membantu penanganan Covid-19 .

” Kami sudah bentuk dua satuan tugas yakni Posko Aduan Masyarakat & Buruh terdampak Covid-19, tim gugus tugas Covid-19,” terangnya.

Dua satuan tugas tersebut menurut Huda juga sudah mulai berjalan melalui Pimpinan Cabang Ansor di delapan Kota/ Kabupaten yang ada di Banten.(ang/cun)

www.trustkota.com