Langkah Program Penanggulangan Banjir di Kabupaten Tangerang

Langkah Program Penanggulangan Banjir di Kabupaten Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Langkah Program Penanggulangan Banjir di Kabupaten Tangerang, Berita271

Langkah Program Penanggulangan Banjir di Kabupaten Tangerang, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Langkah Program Penanggulangan Banjir di Kabupaten Tangerang, 271, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Langkah Program Penanggulangan Banjir di Kabupaten Tangerang

Bupati Zaki saat meninjau banjir di Perumahan Mustika, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu.
Bupati Zaki saat meninjau banjir di Perumahan Mustika, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, beberapa waktu lalu.

TRUSTKOTACOM TANGERANG – Untuk mengatasi persoalan banjir yang selama ini menghantui masyarakat Kabupaten Tangerang, Bupati Ahmed Zaki Iskandar, telah menciptakan program Penanggulangan Banjir. Beberapa langkah untuk mengatasi banjir telah siapkan dalam program ini.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tangerang, Hery Heryanto mengatakan, program penanggulangan banjir ini, salah satu program dari 25 program unggulan Bupati.

Kegiatan dalam Pogram Penanggulangan Banjir diantaranya, perbaikan irigasi sebanyak 19,80 persen, normalisasi saluran sungai sebanyak 2,16 persen, normalisasi saluran pebuangan dan evaluasi pelaksanaan AMdal sebanyak 1,01 persen, pemantauan kualitas lingkungan sebanyak 10 persen.

“Selain itu, kita juga  menggandeng lembaga konsultan dari Belanda, Waternet. Kerja samanya telah diteken belum lama ini. Benar, pak bupati menargetkan Tahun 2015″ kata  Hery, diruangan kerjanya.

Menurut Hery, kerja sama dengan Waternet tersebut sama sekali tidak menelan biaya alias gratis. Secara teknis, Waternet memberikan masukan kepada Bappeda. Salah satu proyek yang kini sedang digarap adalah penanganan banjir di daerah aliran Sungai Cimanceri.

“Caranya, menormalisasi Sungai Cimanceri dan Sungai Kalisabi sepanjang 5 kilometer dari perbatasan Panongan dan Jambe hingga Cibadak, Tigaraksa. Selain itu, Kabupaten Tangerang menyiapkan pembangunan waduk buatan seluas 12 hektare di dekat perumahan Mustika Tigaraksa, yang merupakan wilayah langganan banjir,” terangnya.

Tak hanya itu, untuk mengatasi masalah banjir Pemkab Tangerang, juga akan melakukan normalisasi dibeberapa situ diantaranya,  Situ Gelam Pasar Kemis, Situ Garukgak di Kecamatan Keresek, Situ Kelapa Dua, Situ Waluh Pasar Kemis. Saat ini titik rawan banjir di Kabupaten Tangerang, ada 73 titik tersebar di Kabupaten Tangerang

“Selain normalisasi situ-situ tersebut, kita juga akan melakukan normalisasi Sungai Cisadane, Cimanceuri, Cirarap, Cidurian. Anggarannya belum bisa dipastiklan karena kita akan shearing dengan pemerintah pusat dan provinsi,” ungkap Hery. (dik)