KPU Pertimbangkan Dukungan Demokrat dan PKB

KPU Pertimbangkan Dukungan Demokrat dan PKB, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, KPU Pertimbangkan Dukungan Demokrat dan PKB, Berita175

KPU Pertimbangkan Dukungan Demokrat dan PKB, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, KPU Pertimbangkan Dukungan Demokrat dan PKB, 175, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, KPU Pertimbangkan Dukungan Demokrat dan PKB

Logo KPU
Logo KPU

TRUSTKOTACOM – Pencalonan Arief R. Wismansyah-Sachrudin nampak akan benar-benar kandas. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mempertimbangkan secara serius keabsahan dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat, pada rapat pleno verifikasi faktual 13 Juli mendatang.

“Dukungan kedua partai ini, akan kami jadikan pertimbangan khusus di Pleno verifikasi faktual pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Tangerang, 13 Juli nanti,” kata Ketua KPU Kota Tangerang, Syafril Elain, Senin (08/07/2013).

Pasalnya, kata dia, dalam menetapkan pasangan calon tersebut, KPU Kota Tangerang  berpedoman kepada  Peraturan KPU No. 9 tahun 2012, tentang pedoman teknis pencalonan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pasal 65 ayat 1, 2, dan 3, yang mengamanatkan pendaftaran bakal calon harus di tanda tangani oleh ketua dan sekrtetaris partai.

Ditanya bagaimana dengan pencalonan Arief-Sachrudin yang hanya di tanda tangani oleh pelaksana tugas atau pejabat sementara partai. Syafril enggan berkomentar. Ia hanya  mengatakan semua  itu akan dijadikan pertimbangan khusus di pleno KPU Kota Tangerang pada 13 Juli 2013 nanti.

Begitu juga saat disinggung soal adanya laporan masyarakat yang menilai pencalonan Arief-Sachrudin  cacat hukum karena tidak sesuai dengan AD/ART Partai dan Undang-Undang Pemilu,  Syafril enggan komentar. Alasannya laporan itu adalah ranahnya Panwaslu Kota Tangerang. “Kalaupun ada laporan dari masyarakat, sifatnya kami hanya menerima. Dan menunggu hasil  rekomendasi dari Panwaslu,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Takhono mengatakan pihaknya sudah mengkalrifikasi kepada kedua Partai tersebut.

“Dari dua partai yang kami klarifikasi, hanya PKB yang memberi penjelasan. Sedangkan Demokrat belum,” kata Takhono  sembari  menambahkan pihaknya akan segera menindak lanjuti kasus itu ke KPU Kota Tangerang, setelah Demokrat memberi jawababan nanti.
Ditanya hasil klarifikasi dari PKB, Takhono enggan menjelaskan. Alasannya jawaban itu belum bisa dipublikasikan.

Diketahui sebelumnya, Partai PKB, telah mendukung HMZ, tapi entah kenapa, mengalihkan dukungan kepada Arief. R. WIsmansyah menjelang pendaftaran Bakal Calon (Balon) Walikota ke KPU Kota Tangerang. Alasan penarikan dukungan terhadap HMZ yang dilakukan PKB hingga kini tidak jelas. (***)