Kopsyah BMI Bangun Sanitasi di Pesantren

Kopsyah BMI Bangun Sanitasi di Pesantren, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kopsyah BMI Bangun Sanitasi di Pesantren, Berita166

Kopsyah BMI Bangun Sanitasi di Pesantren, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kopsyah BMI Bangun Sanitasi di Pesantren, 166, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kopsyah BMI Bangun Sanitasi di Pesantren

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar didampingi Presdir Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara di acara peresmian program Sanimesra/TRUSTKOTA.com
Bupati Tangerang A Zaki Iskandar didampingi Presdir Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara di acara peresmian program Sanimesra/TRUSTKOTA.com

TRUSTKOTA TANGERANG– Koperasi Syariah (Kopsyah) Benteng Mikro Indonesia (BMI) bangun sanitasi di Pondok Pesantren Darul Ibtida, Kamis (16/3/2017).

Koperasi yang digawangi para anak muda ini berhasil ‘menyulap’ tempat wudhu dan buang hajat di ‘Kobong’ yang terletak di Kampung Saga RT 01/02, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang menjadi mentereng dan mengkilap.

Pantauan trustkota.com, peresmian Sanitasi tersebut diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Tangerang A Zaki Iskandar bersama Presiden Direktur (Presdir) Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara yang disaksikan pemilik pesantren serta masyarakat sekitar.

Potong pita pun tepat didepan sanitasi yang dilengkapi dengan fasilitas untuk berwudhu tersebut. Masyarakat dan tamu undangan bertepuk tangan.

Presdir Kopsyah BMI Kamaruddin Batubara mengatakan, pembangunan sanitasi ini merupakan salah program Kopsyah BMI yang diberi nama Sarana Sanitasi Musholah dan Pesantren (Sanimesra).

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kopsyah BMI di bidang sosial. Khususnya di bidang sanitasi,” ujar Kamaruddin Batubara, Presdir Kopsyah BMI.

Pria berbadan tinggi-tegap ini mengatakan, program sanitasi dilingkup Pesantren dimulai dari Kecamatan Kronjo. Dia mengatakan, ke depan program tersebut akan digelar di beberapa pesantren lainnya.

“Ini kali pertamanya Program sanitasi di Pesantren. Sebelumnya pembangunan sanitasi di rumah-rumah warga atau anggota yang belum memiliki sanitasi yang layak,” paparnya.

Lanjut Kamaruddin, selain membangun sanitasi, pihaknya juga memberikan bantuan kepada Pesantren agar lebih memiliki kemendirian seperti memberikan bantuan 10.000 ekor bibit ikan lele dan 250 pohon cabai.

“Bantuan ini dibiayai oleh dana Ziswaf anggota dan karyawan Kopsyah BMI,” tandasnya.

Perlu diketahui, Kopsyah BMI terbilang sukses menjalankan berbagai kegiatan sosial seperti pelayanan rumah layak huni gratis, sunatan massal, santunan yatim, santunan pendidikan, santunan bencana alam, santunan kematian dan pelatihan-pelatihan produktif untuk meningkatkan skill anggotanya.

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sangat apresiasi atas program Sanimesra yang digagas Kopsyah BMI. “Program ini sangat sinergi dengan program pemerintah daerah,” terang Zaki.

Kata Zaki, Pemkab Tangerang juga mencanangkan program sanitasi bertajuk Sanitasi Musholah, Madrasah dan Pesantren (Sanimmesra).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Tangerang ini juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu membiasakan diri hidup bersih dan sehat.

“Mari kita jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembangan. Mari budayakan hidup bersih dan sehat,” pesanya.

Hadir pada peresmian tersebut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Tangerang Teddy Suwardi, Camat dan Kapolsek setempat serta seratusan masyarakat. (joe)