Kontrakan Wajib Miliki Izin Usaha

Kontrakan Wajib Miliki Izin Usaha, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kontrakan Wajib Miliki Izin Usaha, Berita799

Kontrakan Wajib Miliki Izin Usaha, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kontrakan Wajib Miliki Izin Usaha, 799, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Kontrakan Wajib Miliki Izin Usaha

Usaha kontrakan di Tangsel semakin manjamur
Usaha kontrakan di Tangsel semakin manjamur

TRUSTKOTACOM – Seiring dengan meningkatnya jumlah pendatang ke Kota Tangerang Selatan (Tangsel), bisnis rumah kontrakan alias rumah kostpun kian menjamur. Fasilitas yang ditawarkan pemilik rumah kost ini, relatif beragam.

Mulai dari toilet di dalam kamar hingga dilengkapi dengan mesin pendingin (AC), TV LCD, air panas dan bathtub, layaknya fasilitas hotel berbintang. Bahkansistem sewanyapun  mengikuti selera konsumen, dari bulanan, mingguan hingga harian.

Kepala BP2T Kota Tangsel Dadang Sofyan mengatakan, rumah kost-kostan ini dianggap bisnis sampingan. Namun, kini seiring dengan meningkatnya kaum urban, rumah kost-kostan menjadi bisnis utama. Rumah kost kostan ini harus memiliki izin sesuai dengan perda, tentang izin usaha kontrakan.

“Rumah kost-kostan ini masuk dalam katagori rumah tinggal dan pemondokan. Pemilik rumah kost-kostan ini wajib tinggal di tempat tersebut dan sekaligus berfungsi untuk mengawasi pemondokannya,” terang Dadang, di Serpong, Kota Tangsel.

Kata dia, rumahkost-kostan yang dikenakan izin kontrakan sesuai Perda tersebut adalah, jumlahnya 10 kamar keatas dalam satu lokasi. Dadang mengakui, meski belum semua rumah kost-kostan memiliki izin, namun sudah ada yang mengajukannya.

“Dari tujuh kecamatan yang ada di Kota Tangsel, bisnis rumah kontrakan ini sebagian besar berada di Kecamatan Ciputat, Ciputat Timur, Pamulang, Serpong dan Pondok Aren,” ungkapnya.

Dari pantauan trustkotacom, jumlah rumah kost di Kota Tangsel kian menjamur. Keberadaan rumah kost-kostan makin laris, ketika dibangun di kawasan kampus maupun di dekat areal perkantoran.

Sementara rumah kost yang berada di kawasan Ciputat, Ciputat Timur maupun Serpong, sebagian besar pemiliknya tidak tinggal di tempat tersebut. Dengan demikian, tidak ada yang mengendalikan maupun mengawasi penghuni-penghuni rumah kost tersebut. (shn)