Komisi IX Akan Panggil Menakertrans dan Bupati Zaki

Komisi IX Akan Panggil Menakertrans dan Bupati Zaki, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Komisi IX Akan Panggil Menakertrans dan Bupati Zaki, Berita675

Komisi IX Akan Panggil Menakertrans dan Bupati Zaki, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Komisi IX Akan Panggil Menakertrans dan Bupati Zaki, 675, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Komisi IX Akan Panggil Menakertrans dan Bupati Zaki

Pabrik kuali yang digrebek polisi
Pabrik kuali yang digrebek polisi

TRUSTKOTACOM – Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), akan segera memanggil Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar beserta dinas ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang.

Ketua komisi IX DPR-RI Ribka Tjiptaning mengatakan, pemanggilan yang dilakukan pihaknya, terkait penyekapan dan perbudakan para buruh yang terjadi di Kampung Bayur Ropak, Desa Lebak Wangin, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang.

“Kita juga akan memanggil Bupati Tangerang, Zaki Iskandar. Jadwal pemanggilanya akan kami susun sekitar 13 Mei 2013,” ungkap Ribka, kepada trustkota.com, Senin (06/05/2013).

Menurut Ribka, kasus perbudakan buruh itu merupakan dampak dari lemahnya pengawasan pemerintah terhadap ketenaga kerjaan. Saat ini, lanjut Ribka, departemen tenaga kerja di pusat, maupun di daerah, hanya fokus pada perusahaan-perusahaan besar saja, sedangkan perusahaan kecil dan industri perumahan tidak di pantau

“Dalam hal ini, pemerintah bener-bener kecolongan. Ironisnya, di saat kita memperingati May Day, tetapi ternyata masih ada buruh yang diperlakukan seperti budak. Untungnya salah satu buruh itu bisa kabur, hingga kasus tersebut terbongkar,” tutur Ribka.

Ribka juga meyakini, perbudakan seperti yang terjadi di sebuah industri wajan di Kabupaten Tangerang itu, juga masih banyak terjadi di tempat lain.

Diberitakan sebelumnya, Jumat (03/05/2013) sore, Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Kota Tangerang, menggerebek sebuah lokasi Industri ilegal yang memperkerjakan karyawanya dengan tidak manusiawi di Kampung Bayur Ropak, Desa Lebak Wangin, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang.

Dari pengerebekan tersebut, polisi menemukan puluhan pekerja dalam keadaan tidak terawat dan mengalami penyakit kulit. Dan beberapa diantaranya masih di bawah umur.(Cun)