Komisi ASN Jadikan Pemkab Tangerang Contoh Bagi Derah Lain

Komisi ASN Jadikan Pemkab Tangerang Contoh Bagi Derah Lain, www.trustkota.com, Dari Banten untuk Indonesia, Portal Berita, Surat Kabar, Media Online, Komisi ASN Jadikan Pemkab Tangerang Contoh Bagi Derah Lain, Berita120

Sekretaris Komisi ASN Harry Mulya Zein didampingi Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesal Rasyid
Sekretaris Komisi ASN Harry Mulya Zein didampingi Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesal Rasyid

TRUST TANGERANG – Kepemimpinan Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar selama dua priode ini, menciptakan sebuah pemerintahan yang gemilang. Penerapan kebijakan dan managemen pegawai di pemerintahanya sangat baik.

Hal tersebut juga diakui oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), setelah melakukan penilaian terhadap Pemkab Tangerang. Bahkan, Komisi ASN akan menjadikan Pemkab Tangerang sebagai percontohan bagi daerah lainnya.

Menurut Sekretaris KASN, Harry Mulya Zein, Pemkab Tangerang sudah menerapkan tata kelola menajemen kepegawaian yang baik bahkan mendekati Sistem Merid yang duterapkan oleh Komisi ASN.

” Ini merupakan langkah yang baik bagi Pemkab Tangerang, masih banyak kabupaten/kota lain belum menerapkan hal ini sesuai UU No. 5 tahun 2015,” ungkap Harry, Jumat, (6/12/2019), usai melamukan kunjungan kerjanya di Ruang Rapat Solear lantai 5 Gedung Bupati Tangerang.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Irwansyah selaku Komisioner KASN. Ia mengatakan, sistem Merit merupakan sistem yang membanguan Human Capital disetiap ASN di Kabupaten/kota, ada 18 Kabupaten/Kota.

“Kita akan menjadi percontohan diantaranya Kabupaten Tangerang.
Kita akan mencarai wilayah mana saja yang sudah melaksakan sistem Merit, yang nantinya menjadi Pilot Project setiap Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Kabupaten Tangerang dinilai sudah menerapkan Sistem Merit yang sesuai dengan aturannya yaitu UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, diantaranya sudah menerapkan Lelang terbuka untuk Jabatan Tinggi Pratama (JPT) sesuai dengan aturannya.

” Pemkab Tangerang sudah menerapkan lelang terbuka untuk JTP sesuai dengan kopetensinya, mulai dari tahapan terus dilakukan,” jelas Irwansyah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menambahkan Pemerintah Kabupaten Tangerang terus melakukan semua perbaikan di setiap OPD, mulai dari evaluasi tingkat Asisten per triwulan, hingah persemester bersama Bupati.

” Penerapan disiplin pegawai terus ditingkatkan, mulai dari penilaian sistem kinerja yang berjenjang, hingga pemberian reward and punishment kepada ASN,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam Sistem Merit terdapat enam poin penting. Pertama, tentang pengorganisasian perencanaan ASN didasarkan pada fungsi organisasi melalui analisis jabatan dan analisis beban kerja, audit kepegawaian penyesuaian arah kebijakan nasional.

Kedua, perekrutan berorientasi pada talenta terbaik, rekrutmen berbasis jabatan (diversifikasi tes) & sertifikasi, TKD & TKB sistem komputerisasi, orientasi & engagement untuk setiap penugasan pada jabatan baru.

Ketiga, pengembangan kapasitas dalam mengurangi kesenjangan kompetensi dengan cara pelatihan 20 jam per tahun bagi PNS, Training Need Analysis (TNA), Diklat, Coaching & Mentoring berbasis kinerja.

Keempat, penilaian kinerja yang berkelanjutan dengan cara membentuk Tim Penilai Kinerja, Performance dialogue dan Merit & performance based incentives. Kelima, promosi dan rotasi menuju PNS yang dinamis dengan cara talent mapping, succession & career planning dan rotasi nasional sebagai perekat NKRI. Open recruitment adalah salah satu cara sebelum mendapatkan calon terbaik di organisasi (talent management).

Talent mapping perlu dibentuk melalui assessment center yang distandardisasi oleh BKN, sehingga setiap organisasi perlu membentuk asesor internal untuk mendapatkan talent terbaik. Dan kenam mengapresiasi secara layak  dengan perubahan sistem pensiun dan sistem kompensasi yang memadahi. Pemerintah saat ini akan mengubah sistem pensiun, yaitu PNS berkontribusi melalui iuran pasti sehingga tidak terlalu membebani anggaran negara. (dik/suk)

 

 

 

www.trustkota.com
www.trustkota.com